Saryati

Lahir di Kulon Progo 10 Maret 1967, Sebagai guru di SMP Negeri 1 Sukaresmi mulai tahun 1989 sampai dengan tahun 2012. Pada Bulan Oktober tahun 2012 tugas pertam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berakhirlah dengan Pecel Lele Netcis

Berakhirlah dengan Pecel Lele Netcis

Penghapusan Ujian Nasional/ UN pada Tahun 2021 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bapak Nadiem Makarim. Pada tahun 2020 ini adalah untuk pelaksanaan UN terakhir dan selanjutnya diadakan Assesmen

Kebijakan pendidikan Nasioanl tentang " Merdeka Belajar"

1. USBN diganti dengan Ujian Sekolah yang diselenggarakannya sepenuhnya oleh sekolah.

2. UN Tahun 2020 adalah UN terkahir yang nanti akan menjadi Ujian Assesmen.

3. penyederhanaan rencana pelaksanaan Pembelajaran ( RPP)

4. Penerimaan Peserta Didik Baru

USBN diganti menjadi Ujian Sekolah yang pelaksanaan sepenuhnya diserahkan kepada sekolah. Berdasarkan Kebijakan tersebut maka Dinas Pendidikan mengeluarkan petunjuk Teknis tentang Ujian Sekolah. Rangkaian Ujian Sekolah disusun dalam Prosedur Operasioanl Standar Ujian Sekolah (POS US) oeleh satuan pendidikan masing-masing.

Dalam POS US memuat bentuk penilaian dalam Ujian Sekolah yang meliputi

1. Portofolio

2. Penugasan

3. Test Tertulis

4. Kegiatan Bentuk Lain

Mekanisme pelaksanaan Ujian Sekolah di satuan Pendidikan masing-masing, pengolahan Nilai Ujian Sekolah, Kriteria Kelulusan Peserta Didik .

Berdasarkan Juknis yang diterbitkan oleh Dinas maka SMPN 3 Cipanas menyusun POS Ujian Sekolah dengan membedah permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 serta Petunjuk dari Dinas tersebut maka lahirlah POS US SMPN 3 Cipanas.

Dalam kegiatan curah pendapat cukup alot menghasilkan kesepakatan dan komitmen tentang portofolio dan penugasan sehingan dengan kesepakatan bahwa Portofolio adlah kumpulan tugas terstruktur dan tidak terstruktur yang sdah dijalnkan, hanya suatu kendala adalah kelemahan dalam pendokumentasi dari tugas tersebut. " Yang penting tugas tersebut harus ada umpan balik dari guru serta ada tindak lanjutnya" Deal.... sepakat...

Penugasan itu berupa tugas dalam KBM atau diluar KBM yang terdokumenkan

Ujian tertulis di SMPN 3 Cipanas menerapkan Ujian berbasis Komputer/ Android dengan Aplikasi Edubox versi 4.0. dalam Brainstorming tersebut pak Andri sebagai PKS Kurikulum menyebutkan bahwa

Pak Andri :" sekalipun kita berada di Persisisan / Gunung tapi melek Teknologi bu, kita sudah belajar TIK walau juga tidak mendapat legalitas Penyelnggaraan Pembelajaran Informatikan kemudian juga mengikuti perkembangan jaman Revolusi Industri 4.0"

Kepala Sekolah : " Ini adalah tantangan kita bersama baik dari management keuangan, pengelolaan Pembelajaran, Pengelolaan Guru, untuk kemajuan hayuk untuk berinovasi walau dalam segala keterbatasan kita sama-sama untuk maju" Akhirnya disepakati bahwa Ujian Tertulisnya dalam Aplikasi Edubox, pada saat itu pula langsung ada sosialisasi penggunaan Aplikasi Edubox baik sebagai guru dan siswa. Semangat guru-guru SMPN 3 Cipanas luar biasa......pokoknya keren

Rangkaian Ujian Sekolah yang lain adalah bentuk kegiatan lainnya, kami menterjemahkan sebagai rangkaian Ujian Praktek. Ujian Praktek yang diselenggarakan adalah Mapel PABP, PJOK, Seni Budaya, TIK dan Prakarya. Masing-masing menyusun rambu-rambu Ujian Praktek mulai dari KD, tehnik, waktu serta Pembiayaan.

Pelaksanaan Ujuan Praktek sebelum pelaksanaan Ujian Tertulis dan pelaksanaan Protofolio , Penugasan juga dilakasanakan sebelum Ujian Praktek dan Ujian Tulis.

Ujian Praktek dimulai dari hari Selasa Tanggal 10 Maret 2020, samapai Berakhir hari ini Senin Tanggal 16 Maret 2020 mata pelajaran Prakarya. dalam Kegiatan Belajar Kelas IX Prakarya mengambil tema Budi Daya perikanan yaitu Ikan Lele dimulai sejak awal semester Ganjil sehingga pada akhir tahun pelaksanaan Prakteknya adalah Pengolahan Hasil Perikanan " Pecel Lele"

Pecel Lele ala Netcis( SMPN 3 Cipanas) muantap.....siapa yang mau order... Wirausaha lagi selaian Sate kelinci Netcis....murni dari anak-anak, ternyata kompetensi anak-anak diketrampilan dan wirausaha di Netcis hebat....

Inilah gambaran rangkaian Ujian Sekolah tinggal menunggu ujian tertulis semoga dengan lockdown sekarang yang sedang berlangsung ini secepatnya aman, dan kondusif lagi kegiatan Pembelajaran dan rangkaian ujian jg berjalan sesuai rencana.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ini berkat guru2 SMPN 3 Cipanas berkomitmen tinggi hebat

16 Mar
Balas

Wihh mantap anak-anak SMPN 3 Cipanas pada keren dan kreatif , Terus Semangat...

16 Mar
Balas



search

New Post