Saryati

Lahir di Kulon Progo 10 Maret 1967, Sebagai guru di SMP Negeri 1 Sukaresmi mulai tahun 1989 sampai dengan tahun 2012. Pada Bulan Oktober tahun 2012 tugas pertam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berawal dari Sekmod
@Cugensa

Berawal dari Sekmod

Mengawali tugas di sekolah yang baru dengan rasa tidak percaya diri, " Bisakah aku menjadi agen perubahan di sini, kuatkah aku jalani tugas ini?". Berbekal semangat untuk menjalankan tugas dan yakin ini sudah dalam ijin Alloh, Bismillah...

SMP Negeri 1 Cugenang berdiri tahun 1979, otomatis segudang Prestasi dari pendahulu juga merupakan motivasiku dalam bekerja, harus bisa dan pasti bisa begitulah kata- kata yang sering diutarakan. Tidak ada yang tidak bisa dikerjakan, mesti bisa dengan kekuatan semangat yang ada dalam diri ini. sekolah ini merupakan salah satu sekolah Binaan LPMP Jawa Barat dari sepuluh SMP lain di Kabupaten Cianjur dari Tahun 2011 dengan Program PAMS, dan sekarang Sekolah Model SPMI. Aku sebagai Kepala Sekolah yang baru belum mengaetahui dan paham tentang Sekolah Model SPMI , kami dibimbing oleh Fasilitator Daerah (FASDA)/ Pengawas Pembina Ibu Hj. Nuraeni, M.Pd dalam setiap siklus dan penguatan pemahaman tentang Sekolah Model SPMI.

Bimtek Sekolah Model diawal berjalannya Program, aku ikuti beserta Fasda dan tiga Guru selama 5 hari dengan Nara Sumber dari LPMP yang hebat. Materi demi materi yang disajikan ternyata SPMI sebenar sudah dijalankan disetiap sekolah hanya ada beberapa siklus yang tidak ada bahkan tidak terdokumentasikan. hasil bimtek ini adalah ilmu yang sangat berharga buat kami untuk mengimplentasikan SPMI di Sekolah serta mengimbaskan kepada sekolah Imbas yang lain.

Program LPMP Jawa Barat yang digulirkan selama empat tahun mendatang ini dengan menjalankan SPMI di sekolah mulai mematkan Mutu dari EDS atau Raport Mutu tahun sebelumnya, Merncanakan aksi pemenuhan mutu, Pelaksanaan pemenuhan Mutu, monitoring pemenuhan mutu, serta Strategi dan Mutu Baru sebagai acuan untuk pelaksanaan tahun selanjutnya. Pada tahun pertama ini kami mendapatkan bantuan untuk kegiatan pelaksanaan SPMI dan Pengimbasan.

Aksi kami harus dimulai saat ini, Sosialisasi ke semua warga sekolah tentang pemahaman SPMI, Pembentukan TPMPS, Komitment Bersama untuk mewujudkan Budaya Mutu melalui SPMI. Pemahaman dan pengautan SPMI semakin meluas bukan hanya di TPMPS saja melainkan mulai ke setiap guru, bahkan dalam KBM sudah memberlakukan SPMI. Semangat guru-guru Cugensa hebat dan luar biasa.

Pelaksanaan Pemenuhan Mutu dilaksanakan sesuai Pemetaan dari Raport Mutu. Pada tahun ini pelaksanaan Pemenuhan mutu pada 4 Standar Akademik melalui kegiatan Workshop, Rapat Koordinasi, Pembinaan, dan Pembiasaan dibimbing dan pembinaan dari Fasda sampai pelaksanaan Ekspose SPMI pada Akhir tahun pertama.

Ekspose SPMI pada akhir pelaksanaan SPMI tahun pertama yang digelar di tiap kabupaten secara serentak. Di Kabupaten Cianjur kegiatan Ekspose SPMI digelar bertempat di gedung Pramuka Cianjur yang diikuti oleh semua Sekolah Model jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Saling menunjukan kekuatan disi sekolah masing-masing dalam elaksaan SPMI. Cugensa yang sudah melaksanakan Kegiatan dari Pemetaan Mutu sampai dengan strategi/ Mutu Baru dengan beberapa hasil dari pelaksanaan SPMI digelar pada acara Ekspose tersebut. Pengalaman yang luar biasa yang kami bisa ambil untuk dijadikan pengalaman pelaksanaan SPMI tahun selanjutnya.

Harapan, apapun yang dilaksanakan di sekolah... ruh SPMI tetap ada agar tercapainya Standar Nasional pendidikan serta Budaya Mutu.

Semangattt.... TPMPS dan semua warga menjadi kekuatanku...Terima kasih LPMP Jawa Barat atas bimbingan dan kepercayaannya kepada SMPN 1 Cugenang melalui Program SPMI ini.

Cianjur 1 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih ibu....

01 Apr
Balas



search

New Post