Sayu Agustina Izatul Hilmi

Guru Pada MI Nurul Huda II...

Selengkapnya
Navigasi Web
Evaluasi Kinerja Kepala Madrasah Mengungkap Transformasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiya

Evaluasi Kinerja Kepala Madrasah Mengungkap Transformasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiya

Pada hari Rabu, 8 November 2023, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 2 Macanputih menggelar acara yang mendapat sorotan tajam dalam lingkungan pendidikan, yaitu Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) ini dilaksanakan setiap tahun di akhir tahun Anggaran masa Jabatan kepala Madrasah. Kegiatan ini di ikuti sejumlah 10 Guru yang diawasi oleh Bp. Badrus, S.Pd, dan Bp. Mukhlis Rifa'i, S.Ag selaku pengawas yang ditugaskan dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. Beliau telah menyuguhkan platform evaluasi bagi kepemimpinan pendidik untuk menciptakan langkah-langkah strategis menuju perubahan dan peningkatan sistem pendidikan.

Kedatangan pengawas madrasah disambut oleh Keluarga besar MI Nurul Huda 2 Macanputih. Diawali dengan acara pembukaan kepala madrasah dalam sambutannya menampilkan profil madrasah, dilanjutkan dengan menayangkan selayang pandang kegiatan madrasah selama kepala madrasah menjalankan tugas kurang lebih 3 tahun, beliau dengan mengucapkan selamat datang serta memohon berbagai arahan dan bimbingan dari bapak Pengawas. Kegiatan PKKM di Madrasah MI Nurul Huda 2 masuk dalam periode satu tahun ketiga masa jabatan.

Dilanjutkan dengan kata sambutan Bapak Badrus, S.Pd beliau mengapresiasi sekali dengan berbagai suguhan berkas dan tayangan profil yang telah disiapkan sebelumnya oleh madrasah “ saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah ini saya yakin dengan hanya melihat tayangan pada layar juga begitu banyak berkas yang sudah disajikan saya yakin pasti sangat bagus sesuai instrument PKKM semoga dengan ini kinerjanya ditingkatkan lebih bagus lagi” Ucapnya. Penilaian kinerja PKKM bukan sekadar sebuah evaluasi rutin, melainkan refleksi mendalam terhadap kualitas kepemimpinan yang berpengaruh langsung pada kemajuan madrasah. Dalam rentang waktu yang cukup singkat pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, evaluasi ini menyajikan dialog terbuka, pengamatan tajam, dan analisis mendalam terkait strategi, inovasi, serta efektivitas kepemimpinan yang diemban oleh Kepala Madrasah.

Selanjutnya Tim penilai menyampaikan juga bahwasannya pengembangan Madrasah yang kreatif dan inovatif dapat mengembangkan potensi dari peserta didik dimana pengembangan Madrasah terdapat dalam kurikulum yang disesuaikan dengan Keputusan Menteri Agama ( KMA ) Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Selain itu dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah tersebut ada 1 poin yang tidak mudah bagi kami tentang karya tulis ilmiah yang selalu menjadi bahan pertanyaan pada tiap tahunnya. Kami terus berusaha untuk memberikan yang terbaik meskipun hanya berupa tulisan artikel atau berita melalui online “Ungkap kepala madrasah Nurul Huda 2.

Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana dalam petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala Madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan.

Sehingga kelimanya meliputi

- Usaha pengembangan madrasah

- Pelaksanaan tugas managerial

- Pengembangan kewirausahaan

- Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan

- Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun,sedangkan penilaian komponen kelima ( Hasil Kinerja kepala madrasah ) dinilai perempat tahun sekali

Acara ini tidak hanya menjadi momen evaluasi semata, tetapi juga kesempatan untuk mengeksplorasi potensi perbaikan, pembaruan, dan transformasi dalam kurikulum, manajemen, serta pengembangan tenaga pendidik demi mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi. Kepala Madrasah dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan berdasarkan hasil kinerjanya. Kepala Madrasah menjadikan hasil penilaian kinerja sebagai acuan untuk meningkatkan keprofesiannya.

PKKM di MI Nurul Huda 2 bukan sekadar agenda internal, namun sebuah langkah progresif dalam memperkuat fondasi pendidikan Islam yang berkualitas. Dengan keterlibatan pengawas yang berpengalaman dan berkomitmen, langkah-langkah menuju masa depan pendidikan yang lebih baik semakin tampak jelas.

Setiap PKKM di MI Nurul Huda 2 membuktikan komitmen mereka untuk memajukan kualitas pendidikan, membuka peluang bagi inovasi, serta menegaskan bahwa kepemimpinan pendidik merupakan pilar utama dalam mencapai visi pendidikan yang lebih baik. Momentum evaluasi ini, bukan hanya sebuah penilaian, melainkan landasan bagi terobosan dan perubahan berkelanjutan.

MI Nurul Huda 2 Macanputih akan selalu berusaha lebih baik lagi dalam administrasi maupun bidang lainnya. Dan untuk memajukan mutu pendidikan, menata visi yang lebih jelas yaitu terwujudnya generasi muslim yang cerdas, kreatif, kompetitif dan berahlak mulia, serta membuka pintu bagi kreativitas dan inovasi dalam merancang masa depan pendidikan yang lebih cerah.

Kegiatan ini selesai pada pukul 15.00 Wib dengan tertib ,kemudian diakhiri dengan ramah tamah dan foto Bersama dewan guru dan pengawas Madrasah. ( Guru MIS Nurul Huda 2)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post