Seno SDN Penjaringan 06

"Kuat Karakter, Giat Didik, Maju Budaya" Guru SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara...

Selengkapnya
Navigasi Web
Anugerah Konstitusi IX Tahun 2019 dan PHKWN bagi Guru PPKN Berprestasi Tingkat Nasional

Anugerah Konstitusi IX Tahun 2019 dan PHKWN bagi Guru PPKN Berprestasi Tingkat Nasional

Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis(14/11/ 2019) kegiatan Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara bagi Guru PPKN Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Peserta kegiatan diikuti guru PPKN SD, SMP, SMA/SMK /SMALB dan MI, MTs, MA/MAK perwakilan dari Provinsi se-Indonesia hasil seleksi kemudian ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Pelaksanaan kegiatan dijadwalkan pada hari Selasa s.d. Sabtu,12 s.d. 16 November 2019.

Mahkamah Konstitusi sebagai penyelenggara kegiatan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama, memberikan Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi dan pemberian penghargaan "Anugerah Konstitusi" bagi Guru PPKN yang berhasil melaksanakan pendidikan kesadaran berkonstitusi.

Tujuan kegiatan, pertama, meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan ketaatan berpancasila serta berkonstitusi. Kedua, meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi masyarakat mengenai Konstitusi serta isu-isu ketatanegaraan. Ketiga, memberikan informasi berbagai aspek mengenai Mahkamah Konstitusi sebagai salah satu pelaku kekuasaan kehakiman menurut UUD NRI Tahun 1945, termasuk perkembangan terakhir pelaksanaan tugas konstitusi Mahkamah Konstitusi. Keempat, meningkatkan pemahaman dan kesadaran nasionalisme dan wawasan kebangsaan. Kelima, mendorong peningkatan budaya sadar berkonstitusi di kalangan Guru-guru PPKN dan peserta didik khususnya di lingkungan sekolah. Keenam, mendorong tumbuhnya partisipasi para Guru PPKN secara obyektif dan konstruktif dalam pelaksanaan tugas dan wewenang MK dan tugas-tugas pemerintah. Ketujuh, mendorong peningkatan semangat dan motivasi Guru PPKN dalam melaksanakan tugasnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kedelapan, memberikan perhatian dan penghargaan kepada Guru PPKN atas prestasi dan dedikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya.

Kamis, (14/11/2019) kegiatan Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara bagi Guru PPKN Berprestasi Tingkat Nasional mendapatkan materi pembelajaran dari narasumber yang berasal dar Ketua Mahkamah Konstitusi RI tahun sebelumnya, YM Hakim Konstutusi Mahkamah Konstutusi RI, Ketua Ombudsman RI, dan Guru Besar/Pakar Hukum Tata Negara. Materi pembelajaran meliputi; Perkembangan Dinamika Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia, Sistem Penyelenggaraan Negara menurut Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945, Jaminan Hak Konstitusional Warga Negara dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945, dan Negara Hukum Berwatak Pancasila.

Selanjutnya di hari Jumat (15/11/2019), selesai makan pagi, peserta mengikuti "City Tour MRT", Gedung Mahkamah Konstitusi RI, dan Monumen Nasional. Peserta kembali ke hotel jam 3 an sor untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan Malam Puncak Anugerah Konstitusi IX Tahun 2019.

Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, 15 November 2019.

Salam perkuat karakter dan literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sungguh sangat beruntung bisa memgikuti kegiatan sepenting itu, Pak Seno. Itu akan sangat besar manfaatnya.

15 Nov
Balas

Barokallah Pak Seno, semoga terus berjaya dan berkarya

15 Nov
Balas

Alhamdulillah Bapak, semoga bermanfaat bagi saya dan peserta didik serta orang di sekitar. Salam hormat saya kepada Bapak.

15 Nov
Balas

Alhamdulillah, Pak Haji semoga demikian. Salam hormat saya kepada Pak Haji, semoga Bapak sehat, bahagia, dan sukses selalu. Terima kasih.

15 Nov
Balas



search

New Post