Seno SDN Penjaringan 06

"Kuat Karakter, Giat Didik, Maju Budaya" Guru SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara...

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Nilai Karakter Religius melalui Giat Pembinaan Rohani
Foto 1. Giat Pembinaan Rohani Islam di SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara

Implementasi Nilai Karakter Religius melalui Giat Pembinaan Rohani

Beragam trik jitu dilakukan oleh sekolah, untuk menanamkan nilai karakter religius kepada peserta didik. Penanaman nilai tersebut sebagai fondasi untuk mengatasi berbagai permasalahan dan sebagai petunjuk pengamalan perilaku yang terpuji. SDN Penjaringan 06 melaksanakan giat pembinaan rohani sebagai bentuk usaha dan upaya mencegah terjadinya implementasi perilaku tercela. Giat pembinaan rohani terbagi menjadi beberapa kegiatan yakni, giat pembinaan rohani Islam, Kristen, dan Katolik.

Setiap hari Jumat, Sekolah menjalankan dan melaksanakan program giat pembinaan rohani. Pembinaan rohani Islam dalam bentuk pemberian kultum, pembacaan Alquran, dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan, Pembinaan rohani Kristen dan Katolik melalui renungan harian. Pelaksaan pembinaan rohani Islam bertempat di halaman sekolah dan pembinaan rohani Kristen dan Katolik di perpustakaan. Giat pembinaan rohani Islam dibimbing langsung oleh Bapak dan Ibu guru yang mengampu tugas mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan pembinaan rohani Kristen dan Katolik oleh Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Katolik. Pembinaan rohani dibantu dan didampingi oleh guru kelas.

Giat pembinaan rohani di SDN Penjaringan 06 Kota Administrasi Jakarta Utara bertujuan untuk mencetak peserta didik yang berkarakter religius. Peserta didik diharapkan menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap cinta damai, toleransi yang tinggi, mampu menghargai adanya perbedaan agama dan kepercayaan, teguh dengan pendirian yang terpuji, memiliki sikap percaya diri yang baik, mampu bekerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan dalam pergaulannya di sekolah dan masyarakat, anti terhadap kekerasan dalam pergaulan sehari-hari, menjunjung tinggi persahabatan disertai ketulusan, mampu bersikap tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, mencintai lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat, dan mampu melindungi orang kecil maupun yang tersisih sejak usia sekolah dasar.

Semoga karakter religius mereka terbentuk bagus selama menjalani aktivitas mereka di sekolah, rumah dan di lingkungan masyarakat. Mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang bermartabat tinggi dan dipercaya serta mampu menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Salam perkuat karakter dan literasi.

Provinsi DKI Jakarta Maju Kotanya, Bahagia Warganya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Satu kegiatan yang sangat bagus untuk membentuk karakter siswa, Pak Seno. Semoga bisa dilaksanakan juga di sekolah-sekolah lain. O ya, ada sedikit koreksi, Pak. Kata "melalui" pada judul tersebut seharusnya tidak diawali dengan huruf kapital. Kemudian penulisan kata "Jum'at" seharusnya "Jumat"; "Al-Quran" seharusnya "Alquran"; dan "bertaqwa" seharusnya "bertakwa". Silakan Pak Seno cek di KBBI.

18 Oct
Balas

Kegiatan yang amat bagus dalam pembinaan karakter siswa Pak Seno. Sukses selalu dan barakallahu fiik

18 Oct
Balas

Alhamdulillah, terima kasih atas pencerahaannya dari Bapak. Saya akan segera memperbaikinya. Semoga sehat, bahagia, dan sukses selalu teruntuk Bapak. Salam hormat saya kepada Bapak. Terima kasih.

18 Oct
Balas



search

New Post