Sepsusilawati,S.Si

PROFIL PENULIS Sepsusilawati, S.Si adalah penulis kelahiran 11 September 1980. Tamatan S1 kimia Universitas Negeri Padang tahun 2004.Sekarang men...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menimba Ilmu Melalui Sakit

Dalam hidup ada suka ada duka, ada kalanya kita bahagia, adakalanya kita berduka. Ada saatnya sakit dan adakalanya kita sehat. Semua sudah seperti siklus dalam kehidupan.

Sakit menjadi rahmat jika kita iklas. Sakit bisa menjadi ilmu jika kita berfikir. Hari ini meski dalam keadaan sakit alhamdulillah tangan masih bisa bergerak. Keinginan menulis menjadi penambah semangat. Ku jadi berfikir kenapa setiap badan kita panas biasanya bagian ujung ujung jari kita menjadi sangat dingin. Meski ku tanya kepada tenaga medis saat berobat. Jawabannya karena ibuk sangt kelelahan dan pol makan yang tidak teratur. Pernaytaan dokter memang benar. Faktor makan yangvtidak teratur dan aktifitas membuat kita tanpa sadar telah terforsir tenaga. Tanpag kita sadari kondisi tubuh kita perlahan menurun.

Namum jawaban dokter masih belum bus menjelaskan pertanyaan dalam pikiran saya. Saya coba cari tau di internet. Alhamdulillah kecangihan teknologi dalam gengaman bisa mempermudah akses kita.

Ternyata semua ada penjelasannya, suhu tubuh normal 36,5 sampai 37,5 derjat celsius. Jika suhu tubuh 38 derjat celsius dikenal dengan suhu tubuh hangat(sub febris).jika suhu tubuh lebih dari 38 maka tubuh kita demam (febris). Saat demam suhu inti tubuh melebihi suhu normal, untuk mencapai itu semua maka tubuh melakukan adaptasi dengan reaksi seperti: mengigil,gemetar,bagian perifer (ujung ujung jari) mendingin,serta mendingin atau meriang.

Tindakan pertama yang harus kita lakukan dari luar adalah mengonpresnya dengan air biasa. Untuk membantu tubuh mencapai suhu inti tubuh. Dan memimun obat penurun panas.

Ternyata ketidaktahuan kita bisa membuat kita lebih cemas saat kita sakit. Dan bahkan bisa membuat tubuh kita semakin drop. Tetapi dengan mencari tau apa akar permasalahannya kita menjadi tau dan paham sehingga kekhawatirkan kitapun berkurang dan sakit kitapun semakin cepat pulih. Degan kita tau apa yang terjadi dalam tubuh kita, kita juga bisa lebih paham dengan tindakan apa yang harus kita lakukan selain hanya minum obat.

Biasanya saat anak saya demam saya sangat khawatir. Sebab setiap kali demam tinggi ujung jari kaki dan tangannya sangat dingin terasa es. Sekarang sakit yang saya alami membuat saya jadi tau apa yang sebenarnya terjadi. Semoga siapapun yang membaca tulisan ini dan menglami hal sama dengan saya. Bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa khawatir terhadap keluarganya yang lagi demam tinggi.

Ternyata sakit itu benar rahmat Allah bagi kita yag iklas dan bisa menambah ilmu bagi kita yang mau berfikir. Semua ada hikmahnya. Meski kita bukan seorang medis, memiliki ilmu medis untuk keluarga itu penting. Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post