Hj.Septa Arfina S.Pd

Nama HjSepta Arfina SPd Pekerjaan Guru Sekolah SMPN 3 Karawang Barat Motto Teruslah berkarya Alamat Jalan Gunung Tampomas No 2

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Menulis Teks Diskusi

Belajar Menulis Teks Diskusi

(Tantangan hari ke-37)

Teks diskusi dipelajari pada kelas IX tingkat SMP. Dalan teks diskusi ini tujuannya adalah mengasah kemampuan siswa untuk menulis. Mengembangkan argumen yang ilmiah tentang suatu permasalahan.

Teks diskusi menyajikan sejumlah pendapat dari berbagai sudut pandang terkait dengan masalah yang diajukan. Teks ini bisa kita jumpai misalnya tentang permasalahan manfaat hujan, permasalahan sampah, permasalahan belajar dan lain lain.

Dalam teks diskusi, untuk mempermudah pengembangan tulisan siswa dibantu dengan adanya struktur teks diskusi. Berdasarkan struktur inilah kita sebagai guru bisa mengajak siswa untuk menulis teks diskusi dengan mudah. Tulisan dalam bentuk teks diskusi nantinya akan melahirkan sebuah artikel.

Apa saja struktur teks diskusi? Mari kita amati uraian dibawah ini:

Struktur teks diskusi :

1. Pendahuluan yang merupakan Isu

Pengenalan isu adalah berupa penjelasan awal mengenai topik atau masalah tertentu yang bersifat pro dan kontra. Yang ditulis dengan beberapa sudut pandang penulis. Misalnya perlukah sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru atau masalah lain misalnya haruskah UN ditiadakan? Banyak masalah kontroversial lainnya yang bisa dijadikan isu atau masalah dalam teks diskusi

2. Argumentasi

Argumentasi merupakan sudut pandang dari penulis tentang isu yang sudah diajukan. Argumen ini terdiri dari argumen pendukung dan argumen penentang. Kedua argumen ini merupakan pendapat kita terhadap isu yang ada, argumen pendukung merupakan sudut pandang kita yang mendukung isu atau masalah yang ada, sedangkan argumen penentang merupakan sudut pandang kita yang menentang isu atau masalah yang sudah dipaparkan dalam isu atau pendahuluan. Setiap sudut pandang yang kita tulis haruslah disertai dengan fakta dan data serta alasan yang jelas dan masuk akal. Misalnya sistem zonasi menguntungkan karena siapa saja bisa sekolah di sekolah favorit, tapi bagian kontranya sistem zonasi bisa merugikan siswa pintar yang rumahnya jauh dari sekolah yang dia inginkan.

3. Simpulan

Penyimpulan berisi rangkuman ataupun jalan tengah antara argumen yang mendukung dan argumen yang menentang. Dalam penyimpulan ini bisa ditambahkan dengan saran atau kalimat tambahan yang mengarah kepada kesimpulan.

Alhamdulillah dengan mengamati contoh teks diskusi serta memahami struktur teks yang sudah diberikan, siswa dengan mudah membuat sebuah teks diskusi dengan benar sesuai aturannya. Semua kelas yang saya ajar bisa membuat teks diskusi sesuai dengan yang diharapkan.

Nah gurusianer, semoga tulisan singkat ini bisa memberi pencerahan dalam pembelajaran teks diskusi.

Selamat menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih bu. Salam kenal

20 Feb
Balas

Iya bu..sama2..salam kenal kembali

20 Feb

Mantap...lanjut bu..

20 Feb
Balas

Makasih bu..

20 Feb

Keren. Lanjut 38 Bu Hj

20 Feb
Balas

Makasih bu hj..

21 Feb



search

New Post