Septi Efa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Niat Tidak Mesti Suci

Niat Tidak Mesti Suci

TANTANGAN MENULIS H - 431/381

Allah senantiasa menambah ilmu pengetahuan tentang Ibadah Ramadhan. Bukan hanya tentang puasa tapi tentang Ibadah Ramadhan lainya, termasuk diantaranya :

Pertama, niat Puasa. Kalau masaalah niat wajib. Berniat tiap malam. Jadi kalau puasa wajib ( puasa di bulan Ramadhan) itu wajib niat semalamnya. Malam sebelum dia berpuasa dipasang niat, maka barulah sah puasanya.Kalau dia tidak niat maka dia tidak sah menurut Mazhab Syafi'i.

Tapi dijamak/ gabungkan, pendapat Imam Malik dan pendapat yang lainnya dengan mengatakan silakan untuk berniat diawal Ramadan untuk puasa 1 bulan full. Berhati-hati mana tahu lupa niatnya. Subhanallah...

Kedua, niat Tidak Mesti Suci . Misalnya dia sudah berniat dimalam hari. Mohon maaf melakukan hubungan malamnya atau bagi wanita yang haid sebelum fajar junubnya boleh. Setelah Subuh Subhanallah dia tetap sah puasanya.

Namun diperhatikan ibadah bukan hanya puasa saja. Ada shalat Subuh jangan sampai jam 08.00 pagi. Akhirnya shalat subuhnya ketinggalan. Dengan sengaja ini bisa masuk diantara orang-orang yang melalaikan shalat. Jadi kalau ada seorang melakukan hubungan dimalam hari misalnya lagi musim dingin banget untuk mandi, berniat puasa saja dengan alasan tertentu mengakhirkan mandinya sesudah waktu sholat subuh maka sah puasanya.

Harau. 21 Maret 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post