Setiawan Hidayat

Guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Sehari-hari saya aktif mengajar dan berkebun di halaman rum...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pameran Sekolah Pencetak Wirausaha se-Jawa Barat

Pameran Sekolah Pencetak Wirausaha se-Jawa Barat

Hari ini Rabu 23 Maret 2022 kami kafilah SMKN 1 Gunungguruh dari Kabupaten Sukabumi mengikuti pameran Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) akbar se-Jawa Barat. Ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami karena hanya 13 SMK se-Jawa Barat yang mendapatkan undangan untuk mengikuti pameran ini. Artinya, kami termasuk SMK yang "spesial" Alhamdulillah.

Bersama dengan 12 SMK lainnya kami berupaya menampilkan stand terbaik dengan membawa produk-produk kearifan lokal khas daerah masing-masing. Kami sendiri membawa golok dan pedang sebagai produk khas daerah Cibatu Cisaat Kabupaten Sukabumi yang sudah secara turun-temurun diwariskan dari para leluhur. Kedua benda ini dibuat secara "home made" menggunakan tangan secara bertahap dengan waktu yang tidak singkat sehingga menghasilkan karya yang bagus dan bernilai.

Dalam pameran ini siswa harus tampil sebagai "enterpreneur" alias pelaku usaha yang melakukan aktivitas secara komprehensif dari hulu ke hilir yakni dari produksi hingga penjualan. Alhamdulillah 3 orang siswa dan 1 orang siswi berhasil kami ajak ke pameran untuk menunjukkan skill wirausahanya.

Sepanjang pameran berlangsung Alhamdulillah kami mencatat ratusan tamu yang hadir ke stand untuk melihat lebih dekat produk-produk kami. Stand kami menjadi stand yang paling "stand out" karena hanya kami saja yang menampilkan produk alat "perang". Pedang katana menjadi pusat perhatian karena dipajang sebagai gapura stand. Sementara golok menjadi sesuatu yang elegan dan bernilai karena disimpan di dalam stand sehingga ketika orang masuk merasakan aura yang khas dan mengesankan.

Banyaknya pengunjung yang masuk ke stand menjadikan sebagian dari mereka berubah status menjadi pembeli. Ya, mereka membeli produk-produk kami, Alhamdulillah. Catatan penjualan menunjukkan angka yang fantastis, tidak sia-sia kami memamerkan produk-produk ini. Banyak orang yang suka ternyata, tapi bukan untuk perang melainkan digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau koleksi atau sekedar pajangan di rumah.

Agar dapat melihat lebih jelas silahkan dilihat foto-foto hasil jepretan sepanjang pameran berlangsung. Mudah-mudahan dapat menginspirasi para pembaca semuanya. Jawa Barat Moal Eleh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu Bapak Setiawan. Ulasannya menginspirasi kita. Kereen. Salam literasi

27 Mar
Balas

Sukses selalu Bapak Setiawan. Ulasannya menginspirasi kita. Kereen. Salam literasi

27 Mar
Balas

Aamiin yaa rabbal'alamiin, trm ksh bu.

27 Mar



search

New Post