Setyo Nugroho

Lahir dan menetap di Demak, 30 April 1974, sekarang aktif mengajar Biologi di SMA Negeri 1 Demak...

Selengkapnya
Navigasi Web

Membingkai Pembelajaran Biologi Mandiri dengan Group Kelas On Line

Pada era global seperti sekarang ini hampir semua siswa telah terbiasa memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan. Sudah menjadi tanggungjawab ilmiah bahwa pembelajaran di era revolusi industri 4.0 sangat mengedepankan pembelajaran mandiri on line yang menyenangkan. Hal ini dipengaruhi oleh tuntutan jaman dan kesempatan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Pemilihan model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran konsep biologi berpusat pada siswa perlu dilakukan agar pembelajaran konsep-konsep biologi dapat berjalan secara aktif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran sebelumnya hanya memperhatikan hasil penguasaan konsep atau content. Kurang aktifnyaa peserta didik bisa jadi disebabkan keterpaksaan dalam menerima mata pelajaran Biologi sebagai lintas minat yang harus diterima sebagai bagian dari konsekuensi akademis di sekolah karena tidak ada opsi lain selain harus menerima. Padahal secara umum peserta didik di era jaman now sudah memiliki piranti pengetahuan dan ketrampilan internet yang cukup baik, sementara belum dimodifikasi pemanfaatan ini untuk mendukung pembelajaran yang lebih terbimbing.Pemberdayaan ketrampilan siswa berinternet dipilih karena berdasarkan studi pendahuluan menunjukkan tingginya angka pemanfaatan internet siswa yang belum difungsikan sebagai sarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran pada setiap harinya. Dengan mengembangkan potensi berinternet yang dimiliki peserta didik, guru dapat menggunakan layanan internet sebagai media, model pembelajaran, dan membimbing mereka untuk menggunakan internet secara sehat dan bermartabat. Pembelajaran menggunakan TIK adalah untuk mentransformasikan proses pembelajaran antara pendidik dan peserta didik. Pembelajaran menggunakan TIK jauh lebih memberikan kesempatan dan minat peserta didik untuk belajar secara mandiri On Line. Tujuan utama penggunaan teknologi informatika dan komunikasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas pembelajaran. Di samping itu, suatu E-Learning juga harus mempunyai kemudahan bantuan profesional isi pelajaran secara On Line. Dari uraian tersebut jelas bahwa pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat (E-Learning); dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas, dan kenyamanan belajar; dengan obyeknya adalah layanan pembelajaran yang lebih baik, menarik, interaktif, dan atraktif. Penyesuaian aktifitas belajar Biologi di Group kelas dapat menggunakan beberapa aplikasi On Line seperti Quipper. Sementara untuk proses evaluasi bisa menggunakan aplikasi Edmodo, sementara penerimaan raport menggugunaka E Raport. Sungguh proses ini membutuhkan pelayanan pembelajaran yang kompatibel. Bimbingan terhadap Group Kelas On Line tidak membutuhkan waktu yang banyak karena peserta didik sudah tebiasa memanfaatkan internet untuk menemukan dan mencari solusi terhadap tugas-tugas pembelajaran. Yang diperlukan dalam pembelajaran Biologi Mandiri dengan Group Kelas On Line ini adalah semua peserta didik diharapkan mempunyai interes yang tinggi terhadap penguasaan konsep pembelajaran Biologi yang disampaikan guru secara struktur dan sistematis. Peserta didik dapat menemukan rasa senang dengan belajar dan melakukan aktifitas pembelajaran Biologi berbasi internet ini, dan semua ini akan menciptakan budaya akademis yang holistic di group kelas tersebut. Ada sebuah proses bimbingan yang terarah dan terukur untuk melihat sejauh mana peran aktif peserta didik dalam pembelajaran Biologi baik tatap muka langsung maupun penugasan diluar tatap muka.Hal yang perlu di perkuat dalam sistem belajar mandiri Group Kelas On Line ini adalah aktifitas peserta didik harus terkontrol melalui sistem pembelajaran, evaluasi dan penilaian yang terarah sehingga peserta didik dapat terus menjaga pemahaman dan keaktiftan pembelajarn mandiri ini, kedepan sistem pembelajaran mandiri Group Kelas On Line ini dapat menjadi E Learning resmi sekolah dan dapat dipergunakan oleh semua mata pelajaran sehingga Pembelajaran Mandiri Group Kelas On Line ini dapat memberikan salah satu cara pembelajaran yang menyenangkan peserta didik. Jika perlu ada grup MGMP Sekolah yang memfasiltasi semua kajian dan tema pembelajaran mandiri On Line. Gagasan ini bukan hal yang luar biasa karena di era sekarang pembelajaran kelas menuntut peningkatan sistem pembelajaran yang mumpuni dan berbasis internet.

Dengan demikian pembelajaran mandiri On Line dengan menggunakan beberapa aplikasi tanpa bayar ini dapat mendukung pembelajaran serta menjadi salah satu strategi pembelajaran yang akan terus mengeksplore dinamisasi pembelajaran Biologi kelas yang menyenangkan dan berbasis internet.Pembelajaran mandiri sistem On Line dapat menjadi salah satu rencana pembelajaran di kelas yang akan mendorong kerja ilmiah didalam kelas dan di luar kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post