Seviria

Bissmillahirrohmaanirrohim...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memancing
image by iStock

Memancing

Minggu pagi, Yoka, Genta, dan beberapa temannya berencana untuk pergi memancing di sungai kecil yang terletak tak jauh dari rumah.

“ Kak Yoka, Ayo kita berangkat ke sungai,” ajak Genta.

“ Iya tunggu sebentar, kakak masih harus mencari umpan dulu,”

“ Oiya harus pakai umpan ya, Kak... aku bantu ya kak.”

Genta segera mengambil cangkul mini yang terdapat di gudang kemudian dia pergi ke kebun belakang rumah. Dia mulai mencangkul didekat pohon pisang. Alhasil, dia mendapatkan cacing yang banyak sekali.

“ Hore...aku mendapat cacing buuuanyaaaakk, Kak.”

Genta berteriak kegirangan karena dia mendapat cacing setengah botol air mineral ukuran sedang, dan langsung diberikan pada kakaknya. Kemudian Kak Yoka segera mengemas peralatan dan bersiap untuk berangkat. Mereka pun berpamitan kepada ibu.

“ Ibu, aku dan adik mau mancing di sungai kecil ya...”

“ Iya,Nak hati-hati. Segera pulang ya...perhatikan cuacanya.”

“ Baik, Bu...Assalamualaikum.”

“ Waalaikumsalam.”

Tepat Yoka dan Genta keluar halaman rumah, mereka bertemu dengan 3 temannya yang juga siap memancing. Mereka saling sapa dan berangkat bersama, disepanjang perjalanan Genta terus bernyanyi. Kali ini dia menyanyikan lagu disini senang di sana senang. Tapi liriknya dia ubah, jadi begini deh...

Ayo memancing Ayo memancing

Ayo ayo kita pergi memancing

Aku gembira

Kamu gembira

Jadikanlah hari ini bahagia

Lalalalalalalalalalalalalalalalala

Teman-temannya pun ikut senang mendengar Genta bernyanyi. Mereka bahagia sekali.

Setibanya di sungai, mereka mengamati lingkungan sekitar yang nampak kumuh. Banyak plastik bekas sabun deterjen dan juga sampah lainnya yang mengapung. Karena tujuan mereka adalah memancing maka Yoka berinisiatif mengajak teman-temannya untuk mengambil sampah-sampah tersebut. Ternyata keadaan sungai kecil yang dulu jernih dan banyak ikan, kini semakin memprihatinkan.

Setelah mereka membersihkan sampah-sampah tersebut, mereka siap dengan kailnya. Lama mereka memasang pancingnya, alhasil hanya 2 ekor ikan yang terpancing. Sepertinya jumlah ikan yang ada di sungai tersebut tak sebanyak dulu. Mereka pun puas hanya dengan membawa 2 ekor ikan. Alhamdulillah

coretanseviria

vee, 9/3/2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

13 Mar
Balas



search

New Post