Shintia Deby

Aku adalah Shintia Deby, lahir di Bekasi, 26 Juni 1998, sejak kecil aku tinggal di Bekasi bersama kedua orang tuaku....

Selengkapnya
Navigasi Web
Ghibah?

Ghibah?

By : Shintia Deby

Yap.. satu kata itu tiba-tiba terlintas di otakku saat adikku membacakan status whatsApp teman kelasnya. Kalian pasti juga tak asing kan dengan kata ini, aku yakin pasti jawabannya iya. Karena ghibah hampir setiap hari tanpa terasa kita lakukan terutama bagi para ibu-ibu nih.. apalagi yang sukanya ngerumpi. Hehe...

Ghibah adalah membicarakan orang, biasanya membicarakan orangnya itu dibelakang orang yang sedang menjadi topik ghibahnya. Kalo membicarakannya langsung di depan orangnya, itu bukan ghibah ya namanya sobat, melainkan nyindir secara tidak langsung atau terang-terangan, artinya orang itu ngajak gelut berarti ya, hehe..

Padahal ghibah, menggunjing atau membicarakan keburukan dan aib orang lain termasuk dosa besar dalam Islam. Tapi kenapa masih dilakukan yah..?

Dalam surat Al-Hujurat ayat 12, menjelaskan bahwa ghibah atau menggunjing sama saja dengan memakan daging bangkai saudara kita sendiri.

Allah S.W.T berfirman pada Nabi Musa A.S, “Siapa saja yang meninggal dunia dalam keadaan bertobat dari perbuatan ghibah, maka dia adalah orang terakhir masuk surga. Dan siapa saja yang meninggal dalam keadaan terbiasa berbuat ghibah, maka dia adalah orang yang paling awal masuk neraka.”

Kelak di akhirat, orang akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah S.W.T pada orang yang dighibahnya. Amal kebaikan akan dibayarkan pada orang yang pernah dizalimi, amal kebaikannya akan habis dan amal buruk orang-orang yang dizalimi ditimpakan pada dirinya.

Menyeramkan bukan hukuman Allah bagi para pengghibah itu. Oleh karena itu, jangan dilakukan lagi yah.. usahakan hindari diri kita disaat situasi sudah hampir mendekati ghibah. Biasanya ibu-ibu nih.. tanpa sadar suka membicarakan orang ketika sedang kumpul-kumpul. Tidak boleh ya bu.. DOSA, nanti hukumannya berat loh di akhirat...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, harus dihindari yah. Tulisan yang keren. Sukses selalu dan barakallahu fiik

19 Oct
Balas

Iya betul harus dihindari, hehe..Terimakasih bun sudah berkunjung ke artikel ku..

24 Oct

Cerpen yang menarik

18 Oct
Balas

Terimakasih...

18 Oct



search

New Post