SHOLIHUL HADI Sag

https://www.gurusiana.id/user/activation/fc6c6de19b4648f5802e9c296d42a2bc...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sepatu Hatta

Sepatu Hatta

Oleh Sholihul Hadi

𝗠𝗼𝗵𝗮𝗺𝗺𝗮𝗱 𝗵𝗮𝘁𝘁𝗮 𝗱𝗮𝗻 𝘀𝗲𝗽𝗮𝘁𝘂

Sekitar tahun 1950 sewaktu pulang ke rumah Mohammad Hatta yang waktu itu masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI di tanya oleh sang isteri Rahmi Hatta mengenai kebijaksaaan pemotongan mata uang ORI (Oeang Republik Indonesia) dari 100 menjadi 1. Hal itu ditanyakan oleh Rahmi karena dengan kebijaksaan itu dia tidak bisa membeli mesin jahit yang sudah lama dididamkan dan dia telah menabung sekian lama untuk mewujudkan mimipinya itu.

Bung Hatta sebagai seorang suami tentu mengerti perasaan isterinya dan berkata pada sang isteri "Sunggguhpun saya bisa percaya kepadamu, tetapi rahasia ini tidak patut dibocorkan kepada siapa pun. Biarlah kita rugi sedikit, demi kepentingan seluruh negara. Kita coba menabung lagi, ya?” jawab Bung Hatta.

Sepatu Bally adalah merek sepatu yang pernah dimpikan dan diidamkan oleh Bung Hatta semasa hidupnya. Sepatu Bally sangat terkenal pada masa tahun 1950 an. Beliau karena belum mampu untuk membeli sepatu itu,menggunting potongan iklan sepatu Bally itu dan menyimpannya di buku harian beliau. Sangat mengharukan dari kisah ini,Keinginan beliau ini hanya menjadi impian saja sampai akhir hayatnya. Keinginan beliau ini baru diketahui setelah ditemukan sebuah guntingan secarik kertas berisi gambar potongan sepatu Bally dalam buku hariannya oleh puteri beliau, setelah Bung Hatta wafat.

Uang yang ditabung beliau tidak pernah cukup untuk membeli sepatu yang diinginkan oleh beliau. Beliau lebih mementingkan uang itu bagi kebutuhan rumah tangga dan membantu kerabat dan saudara yang lebih membutuhkan bantuan dari hanya sekedar memenuhi keinginan pribadi,begitulah prinsip hidup beliau. Kalau beliau mau tentu dengan sangat mudah bisa mendapatkan sepatu Bally tersebut dengan Kekuasaan dan relasi yang dimiliki atau tinggal menghubungi diplomat yang bertugas di luar negeri pada saat itu. Bung Hatta pada saat itu masih punya pengaruh besar tidak hanya di tanah air, tapi juga di Dunia.

Disinilah kita melihat jiwa seorang pemimpin dan tokoh seorang rakyat yang tidak mau memanfaatkan kekuasan dan wewenang yang dimiliki untuk kepentingan pribadi semata. Beliau merasa malu dan tidak pantas untuk menggunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi. Biarkanlah hidup dengan kekurangan dan sederhana dari pada menghinakan diri seperti memanfaatkan kekuasaaan dan pengaruh untuk kepentingan pribadi. Kita lihat sekarang ini bagaimana sikap para kebanyakan pemimpin dan anggota Dewan kita yang selalu berlomba untuk memperkaya diri memanfaatkan kekuasaaan tanpa malu-malu berani minta bagian.

Kemana hati dan nurani mereka berani bertindak dengan cara seperti itu. Apakah mereka tidak sadar, bagaimana dulu para pahlawan dan tokoh dan pejuang bangsa ini berjuang dengan mengorbankan darah dan harta dan keluarga mereka semua hanya demi bangsa dan negara dan rakyat Indonesia dan meletakkan semua kepentingan hanya untuk bangsa dan negara. Pada tahun 1956 Bung Hatta mengundurkan diri sebagai Wakil Presiden RI, karena tidak sepaham dangan pemikiran dan idelogi Soekarno.

𝗕𝗲𝗯𝗲𝗿𝗮𝗽𝗮 𝗤𝘂𝗼𝘁𝗲𝘀 𝗗𝗮𝗿𝗶 𝗠𝗼𝗵𝗮𝗺𝗺𝗮𝗱 𝗛𝗮𝘁𝘁𝗮 :

1. "𝗞𝗨𝗥𝗔𝗡𝗚 𝗖𝗘𝗥𝗗𝗔𝗦 𝗗𝗔𝗣𝗔𝗧 𝗗𝗜𝗣𝗘𝗥𝗕𝗔𝗜𝗞𝗜 𝗗𝗘𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗕𝗘𝗟𝗔𝗝𝗔𝗥, 𝗞𝗨𝗥𝗔𝗡𝗚 𝗖𝗔𝗞𝗔𝗣 𝗗𝗔𝗣𝗔𝗧 𝗗𝗜𝗣𝗘𝗥𝗕𝗔𝗜𝗞𝗜 𝗗𝗘𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗣𝗘𝗡𝗚𝗔𝗟𝗔𝗠𝗔𝗡, 𝗡𝗔𝗠𝗨𝗡 𝗧𝗜𝗗𝗔𝗞 𝗝𝗨𝗝𝗨𝗥 𝗜𝗧𝗨 𝗦𝗨𝗟𝗜𝗧 𝗗𝗜𝗣𝗘𝗥𝗕𝗔𝗜𝗞𝗜".

2. "𝗝𝗜𝗞𝗔 𝗞𝗔𝗠𝗨 𝗠𝗘𝗡𝗗𝗜𝗗𝗜𝗞 𝗦𝗔𝗧𝗨 𝗟𝗔𝗞𝗜-𝗟𝗔𝗞𝗜 𝗠𝗔𝗞𝗔 𝗞𝗔𝗠𝗨 𝗠𝗘𝗡𝗗𝗜𝗗𝗜𝗞 𝗦𝗔𝗧𝗨 𝗢𝗥𝗔𝗡𝗚, 𝗝𝗜𝗞𝗔 𝗞𝗔𝗠𝗨 𝗠𝗘𝗡𝗗𝗜𝗗𝗜𝗞 𝗦𝗔𝗧𝗨 𝗣𝗘𝗥𝗘𝗠𝗣𝗨𝗔𝗡 𝗠𝗔𝗞𝗔 𝗞𝗔𝗠𝗨 𝗠𝗘𝗡𝗗𝗜𝗗𝗜𝗞 𝗦𝗔𝗧𝗨 𝗚𝗘𝗡𝗘𝗥𝗔𝗦𝗜".

3. "𝗜𝗡𝗗𝗢𝗡𝗘𝗦𝗜𝗔 𝗧𝗜𝗗𝗔𝗞 𝗔𝗞𝗔𝗡 𝗕𝗘𝗥𝗖𝗔𝗛𝗔𝗬𝗔 𝗞𝗔𝗥𝗘𝗡𝗔 𝗢𝗕𝗢𝗥 𝗕𝗘𝗦𝗔𝗥 𝗗𝗜 𝗝𝗔𝗞𝗔𝗥𝗧𝗔 𝗧𝗔𝗣𝗜 𝗔𝗞𝗔𝗡 𝗕𝗘𝗥𝗖𝗔𝗛𝗔𝗬𝗔 𝗞𝗔𝗥𝗘𝗡𝗔 𝗟𝗜𝗟𝗜𝗡-𝗟𝗜𝗟𝗜𝗡 𝗗𝗘𝗦𝗔".

4. "𝗧𝗔𝗞 𝗔𝗗𝗔 𝗛𝗔𝗥𝗧𝗔 𝗣𝗨𝗦𝗔𝗞𝗔 𝗬𝗔𝗡𝗚 𝗦𝗔𝗠𝗔 𝗕𝗘𝗥𝗛𝗔𝗥𝗚𝗔𝗡𝗬𝗔 𝗗𝗘𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗞𝗘𝗝𝗨𝗝𝗨𝗥𝗔𝗡".

5. "𝗣𝗔𝗛𝗟𝗔𝗪𝗔𝗡 𝗬𝗔𝗡𝗚 𝗦𝗘𝗧𝗜𝗔 𝗜𝗧𝗨 𝗕𝗘𝗥𝗞𝗢𝗥𝗕𝗔𝗡 𝗕𝗨𝗞𝗔𝗡 𝗕𝗨𝗔𝗧 𝗗𝗜𝗞𝗘𝗡𝗔𝗟 𝗡𝗔𝗠𝗔𝗡𝗬𝗔, 𝗧𝗘𝗧𝗔𝗣𝗜 𝗦𝗘𝗠𝗔𝗧𝗔-𝗠𝗔𝗧𝗔 𝗠𝗘𝗠𝗕𝗘𝗟𝗔 𝗖𝗜𝗧𝗔-𝗖𝗜𝗧𝗔

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post