Sigit Sugiarto

Sigit Sugiarto, S.Pd., lahir di Banyumas, 10 November 1986. Sigit merupakan seorang anak desa dan orang tuanya merupakan seorang petani tulen. Pendidikan ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ada Hikmah di Balik Musibah

Di balik segala musibah ada kebaikan yang bisa kita ambil. Itulah kata-kata yang bisa saya ungkapkan saat ini.

Corona Virus Disease atau covid-19 telah melumpuhkan kehidupan seluruh negara di belahan bumi, termasuk Indonesia. Untuk mencegah peningkatan virus tersebut pemerintah menerapkan pembatasan sosial atau social distancing.

Dalam bidang pendidikan, Kemendikbud mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan agar pembelajaran dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) serta luar jaringan (luring). Upaya tersebut dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencegah peningkatan penularan covid-19.

Pembelajaran daring memberikan hikmah tersendiri bagi saya selaku pendidik. Mengapa tidak? Sebelum covid-19 melanda, setiap hari saya harus berangkat ke sekolah setelah subuh dan sampai di rumah sekitar pukul 16.30. Perjalanan saya tempuh lebih kurang selama tiga jam lebih dengan melewati medan jalan yang cukup berat serta menyeberangi Sungai Kapuas. Jika ditanya lelah, itu pasti, karena saya manusia biasa, bukan robot. Lalu mengapa hal itu saya lakukan? Ada alasan tersendiri, yaitu keluarga.

Saya bertugas di kecamatan dari sebuah kabupaten yang berbeda dengan kabupaten tempat tinggal. Satu atau dua minggu sekali saya baru pulang ke rumah. Setiap hari, saya dilanda kekhawatiran mengingat anak pertama saya sedang masa perkembangan dan isteri saya juga seorang tenaga medis yang terkadang harus bekerja malam hari. Namun, setelah putra kedua lahir, saya putuskan untuk pulang pergi.

Dengan sistem pembelajaran daring, kini saya tetap bisa bekerja tanpa melakukan perjalanan yang melelahkan. Saya bisa bekerja tanpa harus meninggalkan keluarga. Ada setitik ketenangan, meski entah sampai kapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Smg cepat berlalu

25 Jul
Balas

Aamiin.

25 Jul

Siiip lanjut sukses

25 Jul
Balas

Terima kasih.

25 Jul

Semua yg trjadi pasti ada hikmahnya y pak sukses slalu slm literasi

25 Jul
Balas

Terima kasih Bu.

25 Jul

Terima kasih Bu.

25 Jul

Mantap PakSukses selalu

25 Jul
Balas

Menarik ceritanya pak, semoga dibalik ini semua ada hikmahnya

25 Jul
Balas

Terima kasih Bu. Aamiin.

25 Jul

Keren pak, salam literasi

25 Jul
Balas

Keren pak.... Mg anak ny jg cpt sembuhJangan lp skss y pak

25 Jul
Balas

Terima kasih Bu. Aamiin.

25 Jul

Mantap Pak....Selalu ada hikmah...

26 Jul
Balas

Aamiin. Terima kasih.

29 Jul



search

New Post