Silfa Herawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Semangat Siswa dalam Kegiatan Evaluasi

Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Semangat Siswa dalam Kegiatan Evaluasi

Dalam menangani berbagai masalah yang dihadapi siswa, guru dituntut untuk dapat lebih bisa berkreasi dan berinovasi. Untuk tetap dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien, guru perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah media yang digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi, baik evaluasi hasil belajar maupun evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran merupakan proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi secara sistematis untuk menetapkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Hasil belajar yang rendah merupakan suatu masalah dalam proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi selama proses pembelajaran berlangsung, salah satunya adalah kurangnya inovasi dalam pemilihan media pembelajaran. Hal tesebut dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan sehingga berakibat pada kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, yang berdampak pada penurunan hasil belajar.

Sekarang, siswa lebih tertarik untuk bermain game menggunakan gadget daripada mengikuti proses pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, guru harus terus belajar dalam hal tekonologi dan selalu beradaptasi serta menyesuaikan dengan kondisi siswa. Guru lebih dimudahkan dengan berbagai pilihan penggunaan media secara online, salah satunya adalah wordwall. Wordwall merupakan aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran atau media evaluasi seperti kuis, mejodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acar kata, pencarian kata, teka teki silang, dan lain sebagainya. Terlebih dalam kegiatan evaluasi, siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengerjakan soal karena tidak monoton dan lebih tertantang dalam menyelesaikan sebuah soal. Menariknya, selain pengguna dapat menggunakan media yang telah dibuatnya melalui daring, tetapi juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah. Kegiatan evaluasi yang diberikan kepada siswa menjadi lebih menarik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bun ulasannya

01 Dec
Balas

Terimakasih

01 Dec

Terimakasih

29 Dec



search

New Post