silmi martini

Saya hanya seorang guru biasa . Belum ada prestasi yang berhasil saya ukir . keinginan saya hanya berusaha agar ilmu yang saya sampaikan bermanfaat buat g...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental

Melanjutkan kembali tulisan saya kemarin tentang kesehatan mental. Menurut Doktor Zakiah darajat dalam bukunya “Kesehatan Mental” yang diterbitkan oleh Gunung Agung dijelaskan, kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan di mana ia hidup.

Ganggunan perasaan yang diakibatkan terganggunya kesehatan mental antara lain ; rasa cemas, iri hati, sedih, merasa rendah diri, pemarah, ragu, dan sebagainya. Macam-macam perasaan itu mungkin ada satu yang meninjol, mungkin pula dua atau lebih. Apabila kesehatan mental tidak dijaga kemungkina akan mengarah kepada gangguan kejiwaan.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat meningkatakan kesehatan mental kita?

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental

1. Katakan Hal Positif Kepada Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kita. Ketika kita memandang negative terhadap diri kita, maka kita kan mendapatkan efek negative pula. Sebaliknya jika kita memandang secara positif , berkata dengan ucapan positif akan membuat kita meraa optimis.

2. Tuliskan Hal-Hal yang Patut Kita Syukuri

Dengan menuliskan hal-hal yang kita sudah dapatkan akan membuat kita menjadi bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita

3. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Pada saat kita berolahraga tubuh mengeluarkan hormone endorphin yang mampu menyingkirkan stress dan dapat meningkatkan suasana hati. Lakukan olahraga yang kita senangi yang membuat kita nyaman. Misalnya berjalan kaki yang dilakukan di udara terbuka selama kurang lebih 30 menit. Sinar matahari yang menyinari saat kita berjalan kaki dapat menghasilkan vitamn D yang meningkatkan serotonin di otak.

4. Nutrisi yang Cukup

Nutrisi yang dihasilkan makanan dapat menyehatkan otak. Nutrisi yang berasal dari makanan sehat seperti protein ,karbohidrat,vitamin dan mineral dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas structural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

5. Tidur yang Cukup

Pada saat kita tidur tubuh meregenasi sel-selnya. Tidur terlalu larut malam dan kurang tidur dapat memyebabkan stress, kemurungan dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan stroke. Perlu diketahui tidur yang cukup setidaknya 8 jam sehari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post