silmi martini

Saya hanya seorang guru biasa . Belum ada prestasi yang berhasil saya ukir . keinginan saya hanya berusaha agar ilmu yang saya sampaikan bermanfaat buat g...

Selengkapnya
Navigasi Web
Merdeka Belajar Versi Saya
Praktek langsung ke kantor pos

Merdeka Belajar Versi Saya

Merdeka Belajar Melalui Praktek Membuat Roti

Jauh sebelum kata Merdeka Belajar terkenal seperti sekarang , saya juga sudah menerapkannya pada pembelajaran di kelas saya.Merdeka belajar menurut versi saya waktu itu adalah anak tidak hanya belajar di kelas saja tetapi anak bisa belajar di mana saja. Anak juga tidak hanya melulu membaca dan menulis saja. Suatu kali siswa saya ajak untuk membuat roti di dalam kelas tidak tanggung -tanggung sayapun membawa oven dari rumah. Dari belajar membuat roti siswa saya perkenalkan dengan bahan-bahan untuk membuat adonan roti. Dari sini anak belajar tentang sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat roti tersebut , anak juga belajar tentang gaya yaitu gaya dapat mengubah bentuk benda. Pembelajaran karakterpun dapat diperoleh yaitu anak dilatih untuk bekerja sama dalam membentuk roti , belajar kesabaran dalam membuat roti , belajar berhitung dengan memperkirakan biaya yang diperlukan untuk membuat roti , belajar berkomunikasi dengan mempresentasikan hasil karyanya.

siswa membentuk adonan roti sebelum dipanggang

Merdeka Belajar Melalui Kunjungan ke Kantor Pos

Di jaman serba canggih kini berkirim surat merupakan suatu hal yang sudah sangat jarang dilakukan , sudah ada email , gadget pengganti untuk berkirim surat. Tetapi anak juga harus diperkenalkan dengan perkembangan tehnologi komunikasi , anak juga perlu tahu bahwa ada perangko , ada kantor pos sebagai sarana komunikasi.Anak diajarkan untuk merangkai kata-kata menjadi sebuah surat yang dikirimkan ke orang tua di rumah. Tentu nanti orang tua gembira menerima surat dari anak tercinta.

menunggu antrian ke loket beli perangko

saya mau kirim surat mbak , perangkonya yang berapa ya ?

Merdeka Belajar Dengan Mengunjungi Koperasi

Anak juga perlu diperkenalkan dengan badan usaha yang sesuai dengan undang-undang dasar 1945 yaitu koperasi. Saat ini kami mengunjungi salah satu koperasi TNI Angkatan Laut yang terletak tidak jauh dari sekolah. Di sana siswa-siswa dijelaskan tentang seluk -beluk perkoperasian oleh salah satu pengurus koperasi. Anak juga berkesempatan berbelanja di toko koperasi tersebut dengan uang yang dibawanya. Anak jadi tahu mengatur belanjaan yang diinginkannya. Dari kegiatan tersebut anak belajar banyak hal , belajar jadi menyenangkan.

di depan koperasi AL Jalan Radio Dalam

Merdeka Belajar Dengan Kunjungan ke Museum Layang-Layang

Anak-anak pasti tahu layang-layang, tetapi apakah semua anak tahu bagaimana cara membuat layang -layang? bagaimana bentuk layang di daerah lainnnya atau bahkan di dunia. Museum layang -layang yang terletak di daerah Pondok Labu Jakarta Selatan ini menjadi tujuan outing kelas kami. Di sini siswa dapat melihat bentuk layang -layang dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara. Siswa diajak untuk membuat layang-layangnya sendiri. Tentu kegiatan ini sangat menyenangkan buat anak.

praktik membuat layang-layang

Merdeka Belajar Melalui Bermain Peran

Ketrampilan berbahasa tidak saja dapat diasah dengan membaca dan menulis saja , ketrampilan ini juga bisa dilatih dengan cara bermain peran . Anak diberi kemerdekaan untuk memilih tema cerita dan mengarang dialog. Betapa senangnya mereka bermain peran , tak disangka muncul bakat -bakat mereka.

Itulah sebagian kegiatan pembelajaran di kelas saya. Entah itu benar atau salah pemahaman saya tentang merdeka belajar, tetapi setidaknya anak mendapatkan pengalaman belajar dengan menyenangkan. Semoga pengalaman yang mereka dapatkan membekas dalam ingatan mereka sebagai proses tumbuh kembang mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post