SILVIANTI

Tinggal di Halaban, Kab.Lima Puluh Kota, mengajar Mapel Bahasa Indonesia di MTsN 4 Lima Puluh Kota. Motto: Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya (Ali bin Abi Thali...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berkencanlah dengan Buku!

“Membacalah, Nak! Maka kau akan menguasai dunia!!!” kataku berapi-api. Namun respon anak-anak didikku ternyata masih jauh panggang dari api. Sedih rasanya. Tapi aku tak boleh putus asa menyemangati mereka. Aku harus maklum bahwa mereka hidup di zaman digital dengan tantangan yang luar biasa. Aku harus maklum bahwa akses mereka untuk membaca dibatasi oleh 1001 masalah.

Masalah terbesar mereka ternyata: NIAT. Jika dikalkulasi dari skala 10%-100%, maka niat membaca mereka hanya 20%, itupun karena terpaksa. Tak heran jika hal ini berdampak pada prestasi akademik mereka. Aku kembali menyemangati mereka dengan menceritakan bahwa membaca itu adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Menyenangkan karena kita bisa tahu banyak hal.

“Suatu kebanggaan tersendiri jika kamu mengetahui suatu hal di saat orang lain belum mengetahui. Dan itu akan terjadi jika Kamu membaca!!!!” Mata mereka mulai antusias, aku bisa melihatnya. Pindar-pindar emas ini tak boleh aku lewati.

“Bacalah buku yang positif dan yang pasti sesuai dengan usiamu. Buku yang paling ibuk rekomendasikan adalah karya-karya penulis fenomenal seperti Andrea Hirata, Habiburrahman El Sirazy, A. Fuadi, dll. Karya-karya mereka sarat hikmah, pengalaman, ilmu, dan yang paling penting iklim ceritanya yang edukatif dan agamais serta diselingi humor-humor yang segar.”

“Ok, Buk.......”

“Siap, Buuuuuk......”

“Dicoba dulu, Buuk.....”

“Boleh pulang, Buuuuk???? Bel udah bunyi......”

“Ok, tapi ingat!!!! Mulai hari ini, kita mesti Membaca....Membaca...Membaca!!!!! Insya Allah Ananda semua sukses.”

“Aamiiin.............”

****

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Memang susah benar memotivasi anak anak u membaca, sdh dibuat pojok baca beserta bukunya...e...enak bukak handphone....saya jg bingung Bun....jika ada kiat sukses biar mereka mau baca tlng buat cerita nya Bun ya...trm kasih

03 Feb
Balas

biasanya saya kasih umpan dulu, Bun. Saya ceritain dulu bagian paling menarik dari buku2 tsb, saya bikin mereka penasaran dulu, biasanya lumayan manjur....OK, Bun... ntar kita bikin ceritanya. Semoga anakanak kita (termasuk kita juga, hehehe) menjadi maniak buku.

03 Feb
Balas

Jangan lupa buk Sil...!!!! kirimkan kami resep yang sudah mantap....biar sama ketularan berkencan dengan buku

03 Feb
Balas

ok pak datuak, harus cepat ketularan virus buku pak, ntar keduluan sama virus corona, bisa berabe pak, heheh

04 Feb



search

New Post