Dra.ARMANUSAH M.M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tanggal,8 Juli 2022. Afdolu ayyam 10 Zulhijjah

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan kedua belas dalam kalender penanggalan tahun Hijriyah . Bulan ini memiliki keistimewaan khususnya dalam melaksanakan Ibadah Haji yang hanya dapat dilaksanakan sekali dalam setahun. Pada sepuluh hari bulan Dzulhijjah merupakan hari terbaik di dunia, yang lebih diutamakan untuk melaksanakan amal kebaikan. Banyak amalan yang dianjurkan kepada orang muslim untuk melaksanakannya, baik yang terkat dengan pelksaanaan Ibadah Haji maupun amalan diluar pelaksa naan Haji dan umrah.

Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

أَفْضَلُ أَيَّامِ الدُّنْيَا أَيَّامُ الْعَشْرِ، يَعْنِي : عَشْرَذِيْ الْحِجَّةِ، قِيْلَ : وَلَامِثْلُهُنَّ فِي سَبِيْلِ اللهِ؟ قَالَ : وَلَامِثْلُهُنَّ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، إِلَّا رَجُلٌ عَفَّرَ وَجْهَهُ فِيْ الترابِ

Artinya: “Hari-hari yang paling utama di dunia ini yaitu hari yang sepuluh, yakni sepuluh hari pertama Dzulhijjah”. Dikatakan kepada beliau, “Termasuk lebih utama dari jihad dijalan Allah?” Beliau menjawab, “Termasuk lebih utama dari jihad di jalan Allah. Kecuali seseorang yang menutup wajahnya dengan debu (mati syahid-pent)”

Berdasarkan Hadis diatas bahwa sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah merupakan hari terbaik beramal dibanding amalan di bulan lain sepanjang tahun. Bahkan amalan pada sepuluh hari bulan Dzulhijjah lebih utama dari jihad / berperang dijalan Allah.Terkecuali orang yang berjihat tersebut mengorbankan harta dan jiwanya di jaalan Allah ( Mati syahid ).

Orang Islam dimotifasi untuk memanfaatkan waktu ini secara maksimal melaksanakan amal kebaikan dan mengajak orang lain untuk melaksanakan amalan seperti menegakkan shalat malam, dan menjadikan shalat malam dan salat fajar terbaik disepanjang tahun. Menjadikan shalat duha yang terbaik disepanjang kehidupan. Menjadikan bacaan Al Quran dan berzikir kepada Allah yang terbaik sepanjang tahun. Menjadikan puasa sunnah dan puasa Arafah terbaik disepanjang umur. Berbakti kepada kedu orang tua yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Melakukan silaturrahmi dengan anggota keluarga, tetangga maupun antara sesama muslim. Memperbanyak sedekah kepada orang duafa danorang yang membutuhkan, baik yang diminta maupun yang tidak meminta minta. Tulisan singkat ini di buat karena rasa gembira menyambut hari nahar,bulan Dzulhijjah dan dalam rangka merayakan IdulAdha 1443 Hijriyah. Semoga amal yang dilakukan dengan penuh kehusukan dan keikhlasan diterima disisi Allah SWT. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post