SIRILUS GONSI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

GERAKAN LITERASI SEBAGAI WRITTEN COMMUNICATION UNTUK SISWA SMAN 2 MACANG PACAR

Oleh Sirilus Gonsi, S. Fil

\SMA Negeri 2 Macang Pacar terletak di  Desa Waka, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini didirikan pada tahun 2012 setelah mendapat izin operasional melalui SK Bupati Manggarai Barat dengan  nomor 153/KEP/HK/2012. Tujuan didirikannya sekolah ini untuk mendekatkan pelayanan pendidikan bagi  anak-anak di Kecamatan Pacar dan Kecamatan-kecamatan sekitarnya.

            Gerakan literasi sekolah adalah salah satu program ekstrakurikuler unggulan pada sekolah ini. Gerakan literasi sekolah ini terwujud melalui kelompok literasi SADANA (Sarana Daya dan Nalar). Kelompok ini terdiri dari kurang lebih 30-an orang peserta didik dengan  2 orang guru pendamping. Selain itu kelompok literasi pada sekolah ini memiliki waktu khusus untuk kegiatan literasi.

            Menurut asal katanya, literasi berasal dari kata bahasa latin yaitu  literatus yang berarti  orang yang belajar. Sedangkan Kamus Umum Bahasa Indonesia mendefinisikan literasi adalah kemampuan menulis dan membaca.  Literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca dan menulis. Elizabeth Sulzby, seorang professor dari University of Michigan memaknai literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang individu dalam berkomunikasi; membaca, berbicara, menyimak dan menulis.

Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik (Kemendikbud, 2016). Gerakan literasi sekolah merupakan sebuah program pengembangan bakat menulis dengan melibatkan partisipasi aktif elemen sekolah pada SMA Negeri 2 Macang Pacar. Upaya mengoptimalkan gerakan literasi sekolah ini melalui aktivitas kelompok literasi dalam membaca, berbicara, menyimak dan menulis yang melibatkan warga sekolah.

Sebagai sebuah gerakan, literasi sekolah tentunya memiliki tujuan.  Gerakan literasi sekolah bertujuan menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan. Tujuan ini tampaknya menuai persoalan ketika melihat secara nyata dalam lingkungan sekolah. Gerakan literasi sekolah sepertinya mandek, karena unsur penggeraknya sibuk dengan rutinitas sekolah melalui pembelajaran dan persiapan perangkat pembelajaran. Akibatnya unsur penggerak gerakan literasi sekolah kadang  sulit membedakan antara kegiatan pembelajaran di kelas dan gerakan literasi. Persoalan seperti ini menggugah penulis untuk menemukan tujuan dan sasaran gerakan literasi sekolah yaitu Written Communication.

Written communication dalam Kamus Bahasa Inggris-Indonesia berarti  komunikasi tertulis. Written communication merupakan komunikasi yang dilakukan lewat tulisan, misalnya mengirim surat, menulis memo, menyusun laporan, dan sebagainya. Written communication adalah keterampilan yang diperlukan dengan  tujuan menyampaikan maksud secara tertulis. Berbeda dengan komunikasi  lisan, yang mengandalkan nada dan suara, komunikasi tertulis (written communication) cenderung mengarah pada gaya kepenulisan. Secara sederhana, written communication mengandalkan pada tata bahasa, tanda baca, serta pemilihan kata saat menyampaikan informasi kepada orang lain.

Dalam buku Komunikasi dan Interaksi Sosial Anak (2021) oleh Encep Sudirjo dan Muhammad Nur Alif, mengatakan  bahwa komunikasi tertulis bisa dilakukan lewat aplikasi atau media teknologi. Contohnya Whats App, Mesanger,Line, Gmail, bloger dan lainnya. Ragam komunikasi tertulis adalah membaca dan menulis. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Karena kegiatan membaca dalam komunikasi ini hanya bisa dilakukan ketika ada seseorang yang menulis pesan. Tanpa pembaca (orang yang membaca pesan), proses komunikasi pun tidak akan berjalan lancar. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam written communication kehadiran pembaca sangat dibutuhkan.

Komunikasi tertulis adalah salah satu cara berkomunikasi dengan memindahkan informasi dalam bentuk tulisan yang ditujukan kepada penerima informasi. Komunikasi ini dapat terjadi tanpa adanya pertemuan antara pemberi informasi dan penerima informasi secara langsung atau face to face. Keuntungan komunikasi ini adalah apabila si penerima lupa dengan informasi yang telah diberikan, maka dia dapat melihat lagi tulisan informasinya dengan kata lain komunikasi tertulis lebih mudah diingat.

Gerakan literasi sekolah sebagai program kerja ekstrakurikuler unggulan  pada SMA Negeri 2 Macang Pacar bertujuan untuk mengembangkan potensi written Communication  siswa-siswi dalam hal menulis.  Penerapan gerakan ini melalui aktivitas menulis kelompok binaan literasi sekolah. Dalam mengembangkan potensi written communication ini melalui tahapan pelaksanaan pada sekolah SMA Negeri 2 Macang Pacar.

Pertama, Sekolah mengembangkan kelompok literasi sekolah dengan mengangkat dua orang guru sebagai Pembina literasi. Tugas dari Pembina literasi ini adalah membina,  mendidik dan mengajar  kelompok literasi melalui berbagai jenis tulisan seperti menulis opini, Puisi, cerita pendek, catatan harian, berita, dan karya ilmiah remaja. Pengajaran literasi ini dengan cara peserta literasi dilibatkan untuk menulis secara aktif dan secara langsung. Hasil tulisan ini kemudian dikumpulkan pada Pembina untuk diketik dan langsung diterbitkan pada majalah dinding sekolah untuk dibacakan oleh peserta didik yang lain.

Kedua, Pembina literasi membuat jadwal untuk pengajaran literasi. Jadwal ini biasanya satu kali pertemuan perminggu dengan durasi waktu Sembilan puluh menit. Pelaksanaan kegiatannya dilaksanakan setelah pulang sekolah. Semua anggota literasi dihimpun dalam satu ruangan untuk memulai kegiatan menulis, dan hasil tulisannya dibacakan untuk diperdengarkan kepada anggota kelompok untuk didiskusikan dan untuk saling memberi koreksi akan struktur dan kualitas tulisan.

Ketiga, sekolah menetapkan hari literasi. Pada SMA Negeri 2 Macang Pacar, hari literasi dilaksanakan setiap hari selasa. Pada setiap hari selasa, kelompok literasi berkumpul untuk menulis dan hasil tulisannya dibacakan setiap pagi  di depan semua peserta didik di halaman sekolah sebelum pelajaran dimulai.

Sasaran akhir dari kegiatan literasi pada SMA Negeri 2 Macang Pacar adalah siswa harus mampu menulis. Melalui Written Communication  seorang penulis memberikan pesan melalui tulisan. Pesan tertulis ini akan tersampaikan maknanya mengandaikan adanya kehadiran pembaca untuk membaca tulisan. Written Communication penting dalam hal menunjukkan profesionalitas dan mampu mengirim pesan dengan jelas. Pada SMA Negeri 2 Macang Pacar aktivitas gerakan literasi sekolah berjalan secara maksimal dengan indikasi hasilnya adalah peserta literasi mampu menulis puisi, cerpen, cerita pengalaman dengan baik. Hasil tulisan ini diterbitkan pada majalah dinding sekolah untuk dibacakan oleh peserta didik yang lain. Ini berarti proses penyampaian pesan melalui tulisan efektif, sebab tulisannya ditempelkan pada majalah dinding untuk dibacakan.

Dalam proses pelaksanaan kelompok literasi sekolah pada SMA Negeri 2 Macang ditemui hambatan seperti ketersedian  referensi yang belum memadai. Hambatan lainnya adalah kurangnnya buku pedoman pengajaran literasi, yang kadang juga berakibat pada proses pelaksanaan kegiatan kelompok literasi ini kurang optimal. Meskipun dihadang berbagai rintangan dalam pelaksanaannya, sasaran gerakan literasi sekolah pada kelompok literasi SADANA pada SMA Negeri 2 macang pacar sasarannya adalah untuk mengembangkan potensi Written communication.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sukses dengan kelompok Literasi nya, Pak. Salam Santun dan Sukese...Salam Literasi dari Papua....

14 Nov
Balas

Terim kasih bu, mudah mudahan sesuai yang diharapkan

14 Nov
Balas

Terim kasih bu, mudah mudahan sesuai yang diharapkan

14 Nov
Balas



search

New Post