SISWANDI, MM.

Mengajar IPA di SMPN 85 Jakarta Pendidikan D1/IPA IKIP Jakarta, F-Tan/Agronomy UM Jakarta, Magister Manajemen Keuangan UBHARA Jaya. Mengampu Mata Kuliah Metod...

Selengkapnya
Navigasi Web
DOA DAN SHOLAWAT BERLINDUNG DARI TUJUH PERKARA
Caption: Koleksi pribadi

DOA DAN SHOLAWAT BERLINDUNG DARI TUJUH PERKARA

Bismillahirrahmanirrahim,

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

_Artinya : "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, sifat pengecut, pikun, dan sifat kikir (bakhil). Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.” (HR. Muslim 4879, Syarh shahih muslim 2706).

Jika kita perhatikan doa tersebut, maka kita mengambil pelajaran dan perenungan *sekelas* ulama, atau orang-orang yang berilmu, orang-orang yang ibadah sangat baik masih memiliki *rasa khawatir* dengan *bencana kematian*, bagaimana dengan kita?

Artinya, mereka saja sangat khawatir dengan akhir kehidupan apakah suhul khotimah atau Husnul khotimah. Apakah diakhir Hidupnya mampu mengucapkan Lailaha illallah. Karena, para ahli ibadah, orang-orang Soleh itu berharap ketika kematiannya berharap mampu mengucapkan *kalimat tauhid (Lailaha illallah)*, yang diimpikannya. Karena memang tidak ada jaminan. Mengapa demikian, karena IBLIS atau Syaiton akan terus berusaha menyesatkan iman seseorang hingga detik-detik kematian manusia.

Para ulama mengajarkan, bahwa perbanyak lah berSholawat kepada Rasulullah SAW karena dengan berSholawat semoga Rasulullah SAW hadir menuntun kita ketika kematian hadir menjemput, dengan berSholawat syafaat Baginda hadir untuk membimbing kalimat Lailaha illallah pada saat genting tersebut.

Selain ibadah yang kita tunaikan, amal saleh yang kita lakuan, maka satu-satunya amalan yang insyaAllah dapat menolong kita disaat sakaratul maut adalah dengan berSholawat. Semoga dengan barokah sholawat kita dimudahkan urusan dunia dan urusan kematian. *Aamiin ya Rabbalalamiin.*

Allahumasholi ala Sayidina Muhammad

Semoga bermanfaat, wawlahu a'lam bishawab

---------

Limo, Depok. Kamis, 26 Mei 2022

Siswandi Adi Nugroho

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih ilmunya, Pak.

26 May
Balas

Allahimma A Sholli Ala Saydina Muhamnad.. Alhamdulillah Maakasih atas pencerahannya Pak. Salam kebaikan

26 May
Balas

Luar biasa, sangat mencerahkan, sehat selalu Pak Siswandi

26 May
Balas

Subhanalloh, Luar biasa, tulisan yg sangat mencerahkan, sehat selalu ustadSiswandi

26 May
Balas

Subhanalloh, Luar biasa, tulisan yg sangat mencerahkan, sehat selalu ustadSiswandi

26 May
Balas

mantap keren cadas... Ulasan keren menewen, mencerahkan... salam literasi sehat sukses selalu pak Siswandi bersama keluarga tercinta

26 May
Balas

Allahummasholli ala sayyidina Muhammad. Ulasan yang sangat bermanfaat. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

26 May
Balas

Allahummasholli ala sayyidina Muhammad. Ulasan yang sangat bermanfaat. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

26 May
Balas

Allahummasholli ala sayyidina Muhammad. Ulasan yang sangat bermanfaat. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

26 May
Balas



search

New Post