SISWANDI, MM.

Mengajar IPA di SMPN 85 Jakarta Pendidikan D1/IPA IKIP Jakarta, F-Tan/Agronomy UM Jakarta, Magister Manajemen Keuangan UBHARA Jaya. Mengampu Mata Kuliah Metod...

Selengkapnya
Navigasi Web
KETIKA IBLIS MENANGIS SEJADI-JADINYA
Caption: Bukalapak

KETIKA IBLIS MENANGIS SEJADI-JADINYA

Di langit pertama, Azazil beribadah menyembah Allah selama 1000 tahun. Kemudian dia diangkat ke langit kedua, begitu seterusnya hingga akhirnya dia diangkat menjadi imam para malaikat. Azazil adalah sebutan Iblis ketika dia masih taat atau menjadi ahli ibadah.

Kemudian, Adam AS diciptakan. Kebebmradaan Adam AS ini menjadikan kecemburuan Azazil, apalagi Allah SWT memerintahkan untuk sujud kepada Adam AS, yang semakin membuat sikap Azazil semakin sombong.

Allah SWT berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, ‘Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Rabb-Nya.” (Al-Kahfi: 50)

Karena kesombongannya itulah maka Azazil dilaknat hingga dia menangis sejadi-jadinya. Episode berikutnya Azazil diusir dari Syurga, kejadian ini pun membuat Azazil (Iblis) menangis untuk keduakalinya. Hingga dia memohon kepada Allah SWT.

Iblis berkata, "Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan." Allah berfirman, "Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari kiamat)." Iblis menjawab, "Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya." (QS Shaad [38]: 79-82).

Episode berikutnya, Iblis berhasil menggoda Adam AS hingga Adam AS dikeluarkan dari Syurga. Dendam Iblis pun terbayarkan, hingga dia tertawa senang. Namun Iblis tetap belum puas hingga mengejar dan akan menyesatkan Nabi Adam AS hingga keturunannya.

Hingga manusia berkembang bertambah banyak, dan para Nabi serta para Rasul pun diturunkan, Iblis akan tetap menyesatkan sesuai dengan sumpah serapahnya.

Episode berikut dijaman akhir. Kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadikan Iblis tersentak dan ketakutan hingga Iblis dan bangsanya menjadi ketakutan dan menangis sejadi-jadinya untuk yang ketiga kalinya.

Babak berikutnya dengan Risalah Kenabiannya Rasulullah SAW, dan mukjizat yang turun untuk Rasulullah SAW berupa Al-quran, Iblis semakin gelisah dan ketakutan dan menangis terutama dengan turunya Surat Al-Fatihah.

Rasulullah Saw pernah bersabda: “Setiap perbuatan yang penting tidak dimulai dengan ‘Bismillahirrahminirrahim’ maka perbuatan tersebut cacat”. (HR. As-Sayuthi)

Lalu Aisyah, berkata:

Saat-saat bismillahir rahmanir rahim turun, bergetarlah gunung-gunung, sampai para penduduk Mekkah mendengar gemuruhnya".

Semoga yang singkat ini menjadikan muhasabah diri dan perenungan diri bagi kita semua.

----------

Iblis menangis sejadi-jadinya:

✅ Ketika di-LAKNAT oleh Allah SWT

✅ Ketika di-USIR dari Syurga

✅ Ketika Rasulullah SAW di-LAHIRKAN

✅ Ketika Surat Al-Fatihah di-TURUNKAN

Iblis Tertawa terbahak-bahak Gembira:

✅ Ketika manusia menyekutukan Allah SWT

✅ Ketika manusia memilih Neraka

✅ Ketika manusia jauh dari ajaran Rasulullah SAW

✅ Ketika manusia tidak mengerjakan Sholat

------

Limo, Depok. Minggu, 22 Mei 2022

Siswandi Adi Nugroho

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang sangat mencerahkan Bapak. Semoga sehat dan sukses selalu.

23 May
Balas

Ulasan yang mencerahkan..mantap pak Sis..

23 May
Balas

Ulasan yang mencerahkan..mantap pak Sis..

23 May
Balas

Ulasan yang mencerahkan..mantap pak Sis..

23 May
Balas

Ulasan yang mencerahkan..mantap pak Sis..

23 May
Balas

Ulasan yang mencerahkan..mantap pak Sis..

23 May
Balas



search

New Post