SISWANDI, MM.

Mengajar IPA di SMPN 85 Jakarta Pendidikan D1/IPA IKIP Jakarta, F-Tan/Agronomy UM Jakarta, Magister Manajemen Keuangan UBHARA Jaya. Mengampu Mata Kuliah Metod...

Selengkapnya
Navigasi Web
TAJRID DAN ASBAB
Caption: Hipwee

TAJRID DAN ASBAB

TAJRID DAN ASBAB

Tajrid dan Asbab adalah sebuah tingkatan atau Makom seseorang dalam ibadah atau ketaqwaanya kepada Allah SWT.

✅ Makom TAJRID* adalah *makom orang-orang yang menunaikan kewajiban dan menjauhkan diri dari makhluk.

Menjauhkan diri dari keduniawian dan fokus beribadah, biasanya terjadi pada orang yang sudah tua (tidak punya tanggungan) atau orang-orang yang ilmu agamanya sudah mumpuni. Ibadah dan amalan yang dilakukanya Istiqomah, misalnya Tahajud, Dhuha, Witir, Dzikir, berSholawat, Tilawah dan lain-lain.

✅ Makom ASBAB, adalah makom orang-orang yang menetapi sebab-sebab yang menghantarkanya pada tujuan.

Mencari sebab-sebab dunia untuk mencapai tujuan, misalnya jika ingin dapat rejeki dia bekerja, jika ingin mendapat ilmu (ijazah/titel) diharus sekolah.

Seringkali terjadi, seseorang ingin berada pada makom Tajrid, namun Allah SWT menetapkan pada makom ASBAB adalah Syahwat yang samar.

Jika keadaanya demikian disebabkan seseorang yang pada saat hijrah ingin langsung pada posisi makom Tajrid. Mereka terkadang terburu (bernafsu) ingin menghindarkan dirinya dengan keduniaan, namun masih belum bisa lepas dengan hal-hal keduniaan.

Pada suatu titik tertentu orang seperti ini akan merasa dirinya berada pada posisi (makom) yang salah. Bisa dilihat atau dirasakan oleh dirinya, bahwa dia merasa ibadah atau Amalan-amalan yang dilakukanya justru merasa biasa saja atau tidak nyaman. Terkadang dampak buruknya adalah merasa jauh dari Allah SWT. Akhirnya mereka kembali pada keadaan ASBAB lagi.

Sebenarnya, antara *Makom TAJRID dan ASBAB* tetap merupakan keadaan yang baik. Artinya, seseorang tetap bisa mencari pahala pada kedua Makom tersebut. Ketika seseorang berada pada Makom ASBAB, kemudian Istiqomah melakukan ibadah-ibadah dan amal saleh yang lain, maka bisa jadi dia akan mendapatkan hidayah, dipindahkan oleh Allah SWT ke Makom Tajrid.

Semoga bermanfaat, wawlahu a'lam bishawab

------

Limo, Depok. Jumat, 27 Mei 2022

Siswandi Adi Nugroho

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang menarik dan informatif. Makasih ilmunya, Pak.

27 May
Balas

Mantap ulasannya keren

27 May
Balas

Terimakasih Bu hadirnya

27 May

Ulasan yang sangat menarik dan informatif. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

28 May
Balas



search

New Post