Sisil

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Inspirasi dari Seorang Youtuber

Resume Belajar Menulis Gelombang 2 (Pertemuan Ke- 18)

Narasumber : Apiq Agus Nggermanto

Inspirasi dari Seorang Youtuber

Kegiatan belajar menulis gelombang 2 pertemuan ke-18 ini menghadirkan narasumber Bapak Apiq Agus Nggermanto, seorang Youtuber dengan 384K subscriber di kanal youtub Paman APIQ. Beliau juga seorang Blogger, Teacher dan tentunya Author yang lebih dikenal dengan panggilan Paman Apiq. Diawal diskusi saya menyimak ternyata Pamak Apiq ini sangat populer dikalangan anak-anak peserta kegiatan belajar menulis. Wah, mungkin nanti saat sikecil saya sudah cukup besar juga akan mengidolakan sosok Paman Apiq ini.

Paman Apiq membagikan tips menjadi youtuber sukses di https://pamanapiq.com/2019/08/22/3-langkah-menjadi-youtuber-sukses/ . Tips tersebut antara lain :

1. Motivasi jangka panjang

2. Gunakan hp saja

3. Upload ke youtube

Lebih lanjut beliau memaparkan langkah awal menjadi youtuber sukses adalah coba bikin video 1 menit lalu upload ke youtube. Pakai HP saja. Upload dulu lalu siapkan konsep untuk selanjutnya. Langkah berikutnya bikin video lagi sesuai konsep yang diperbarui, lalu cek responnya. Beliau juga membagikan tips, agar dapat banyak subscriber buatlah video kualitas optimal bukan maksimal, pilih konten yang dibutuhkan penonton dan perbaiki lagi. Mengenai peralatan tidak ada standar minimal, menurut Paman Apiq HP saja sudah cukup. Beliau mencontohkan pada video ini dibuat menggunakan hp dan jari saja ditonton hingga 1,8 juta kali. Untuk judul kita bisa melakukan riset sederhana dengan mengetikkan judul yang kira-kira terkait dengan video kita, pakailah judul yang paling banyak dicari. Kita juga bisa memanfaatka kolom tag dengan untuk mengisikan kata kunci pencarian.

Trik terakhir adalah konsisten improvement seperti berikut ini :

1. Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.

2. Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.

3. Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.

4. Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.

5. Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel lain.

6. Buat video lagi sesuai analytic.

7. Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.

Selain hal yang sudah dijelaskan, cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal. Paman Apiq sendiri videonya banyak menggunakan aplikasi Polaris Office dan direkam menggunakan Mobizen Free.

Supaya tetap eksis sebagai youtuber kita harus punya konsep jangka panjang. Sedangkan Tim berkembang sesuai kebutuhan. Makin langsing makin bagus. Ide bisa selalu muncul dari analytic youtube sendiri. Bila kita sudah upload dan ada yang nonton maka otomatis muncul analytic nya. Jika ingin menjadi youtuber professional bisa menggunakan tim. Tapi sebaiknya mandiri secara finansial di awal. Kanal youtube kita harus dimonitized jika ingin menghasilkan dollar. Untuk memasang iklan kita bisa langsung hubungi pihak youtube atau bisa juga dikirim via email. Mulai tahun 2018 ada persyaratan Subscriber minimal 1000, Jam tayang 4000 jam dalam setahun terakhir dan pengajuan monetized disetujui. Proses penghitungan ini otomatis semua, biasanya ada pemberitahuan juga melalui email. Subscriber bisa bertambah jika kita rajin mengupload video tiap hari. Maka kita harus menemukan cara mudah dan murah produksi video misalnya cukup dengan hp saja.

Orang akan tertarik menjadi subscriber saat apa yang mereka butuhkan ada di video kita. Meskipun banyak video lain yang mirip atau pun sama denga yang kita buat tidak apa-apa asal kita bikin video kita sendiri. Tapi kalau upload video orang lain maka pelanggaran. Terutama jangan ada musik orang lain atau acara tv. Meskipun kita menyertakan sumbernya bisa dianggap plagiat. Durasi video youtube bagusnya 3 sampai 5 menit. Bila panjang bisa dibagi jadi beberapa seri. Ide konten bisa diambil dari isu yang sedang berkembang agar menarik minat viewers.

Untuk pemberian nama kanal youtube disarankan menggunakan nama yang unik dan mudah dibaca dan ditulis. Musik yang aman gunakan adalah musik yang disediakan youtube secara gratis ada ribuan jumlahnya bisa cek disini. Jika ada yang meng-unlike atau berkomentar negatif pada video kita abaikan saja. Kesimpulan dari pemaparan Paman Apiq adalah, jika ingin menjadi youtuber, Mulai saja upload video. Lalu perbaiki dengan konsisten. Pertemuan yang sungguh menginspirasi, ilmu baru yang bermanfaat buat siapa saja yang berkeinginan menjadi youtuber. Terimakasih Paman Apiq, Terimakasih Om Jay, Terimakasih teman-teman anggota Group, semangat belajar selalu.

= Menulis untuk belajar, karena coretan sekecil apapun tetap punya makna =

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post