Siswo Saroso

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ramadhan di Akhir Pandemi

Ramadhan di Akhir Pandemi

Penulis Siswo Saroso

#Tagur hari ke 389

Alhamdulillah Ramadhan kali ini sungguh berbeda dengan dua tahun yang lalu. Bila dua tahun yang lalu, sholat taraweh dibatasi, tadarus dibatasi bahkan sholat idul Fitri juga di batasi. Mudik dilarang, semuanya harus dilakukan dirumah saja. Maka pada Ramdhan kali ini semuanya telah kembali normal. Masjid dan Musholla telah dipenuhi jamaah sholat taraweh. Kenikmatan yang wajib disyukuri. Kemeriahan dan siar islam kembali bergairah.

Bukan hanya di tempat ibadah. Di pasar, mall, pedagang kaki lima terlihat mulai bergairah. Pergerakan ekonomi sungguh perlahan mulai membaik. Semoga keadaan ini akan tetap terjaga dan Pandemi Covid19 segera berlalu.

Dua tahun selama Pandemi tentu banyak hikmah yang harunya bisa Kita jadikan renungan dan pembelajaran bagi semuanya. Bagaimana roda perekonomian macet dan lumpuh. Beban ekonomi masyarakat menjadi sangat berat. Banyak para pelaku bisnis gulung tikar karena tak mempu beroperasi. PHK karyawan terjadi dimana-mana. Pengangguran semakin bertambah. Tentu di barengi dengan dampak kriminal yang seakan tak pernah berhenti.

Dunia pendidikan terjadi lose control learning. Pendidikan yang seharusnya bisa dikontrol dalam peningkatan mutu, menjadi seakan berhenti. Ini jelas berdampak pada mutu dan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Dan yang paling memperhatikan berdampak pada menurunnya pendidikan karakter siswa. Etika dan budi pekerti sebagai salah satu jantung pendidikan mengalami penurunan yang sangat tajam. Hal ini banyak disebakan karena model pendidikan daring sehingga sulit untuk di kontrol.

Badai Pandemi semoga cepat berlalu. Penurunan kasus terpapar sudah menunjukkan nilai positif. Ini menandakan Kita akan segera memasuki dunia baru. Mamacu segala ketertinggalan yang selama ini telah terpuruk. Di awal Bulan Ramadhan kali ini. Marilah Kita mengintropeksi diri sendiri. Apa yang selama ini belum kita lakukan atau telah kita lakukan. Untuk mencoba meninggalkan hal negatif dan membangun kegiatan yang positif.

Semoga Allah SWT Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan keselamatan pada negri ini, bangsa ini dari kehancuran dan keterpurukan selama Pandemi Covid19. Dan segera menuju kehidupan baru yang lebih baik. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak.Salam literasi

03 Apr
Balas

Semoga pendemi cepat berlalu

03 Apr
Balas



search

New Post