Siti Aisyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rasa Indonesia

Rasa Indonesia

Pengalaman bertahun-tahun bersekolah sejak sekolah dasar hingga di perguruan tinggi, tidak lepas mengikuti upacara bendera. Prosesnya baku. Pemimpin upacara, pembina upacara, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang mengiringi pengibaran bendera, hingga do'a penutup.

Beberapa kali aku merenung. Apakah cara itu yang membuat manusia Indonesia merasa memiliki tanah airnya? Apakah tidak ada cara lain untuk menikmati rasa Indonesia yang lebih sederhana namun kuat ikatannya?

Aku dengar dari suamiku yang beberapa kali datang ke Sabah. Menjadi tenaga sukarela mengajar anak-anak TKI. Mereka tak memiliki dokumen resmi karena lahir dari orang tua yang tidak memiliki dokumen pula. Seumur hidup tidak pernah sekalipun menjejakkan kakinya di Indonesia. Kemungkinan juga tak pernah belajar mengibarkan bendera Indonesia.

Tapi tahukah teman-teman bahwa mereka merindukan Indonesia melebihi orang Indonesia yang bertahun-tahun hidup di negaranya sendiri. Orang tua mereka menceritakan kemegahan negeri para dewa. Orang tuanya menceritakan keramahan saudara-saudara di barat hingga ke timur. Orang tua mereka membawa mimpi kepada putra-putrinya untuk selalu mencintai Indonesia.

Menurutku, inilah rasa Indonesia sesungguhnya walau sebenarnya anak-anak ini tidak mengenali Indonesia apa adanya. Mereka tidak pernah mendengar pertengkaran di dewan perwakilan rakyat yang memalukan. Mereka tidak kenal bagaimana Jakarta hanya ramah buat yang memiliki uang. Mereka juga tidak mengenal banyak warga yang terusir karena dianggap tidak memiliki tanah sendiri.

Menurutku, biarlah orang tuanya menceritakan kebesaran Indonesia agar anak-anak mereka memiliki harga diri yang besar. Agar tetap bisa mencintai dengan rasa Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget bu tulisannya. Gak nyangka baru satu tulisan sudah sedasyat ini.

30 Apr
Balas

Ikutan MWC berikutnya bu. Mentornya keren-keren. Sabar pula. Inshaa Allah tulisan kita swmakin bermutu.

30 Apr
Balas

Terima kasih sudah mampir.

30 Apr

lanjutkan bu, semakin banyak menulis semakin terasah bakatnya

30 Apr
Balas

Terima kasih atas dukungannya Pak Dedi.

30 Apr

Tulisan yg inspiratif....semoga membuka inspirasi banyak orang untuk menanamkan rasa Indonesia

01 May
Balas

Terima kasih apresiasinya. Semoga tulisan lain segera menyusul

01 May

Tulisan yang keren banget. Menginspirasi untuk lebih mencintai tanah air Indonesia. Salam kenal bun. Izin saya follow. Nama kita sama bun.... Hehe.. Semoga mrmbawa keberkahan.

11 Dec
Balas

keren ukasannya dan menjadi renungan bersama. keren bu Siti..

22 Jul
Balas

Saya baru baca ini. Salut. Benar, mari warisi kebanggaan akan negeri ini pada anak-anak kita.

16 Jul
Balas



search

New Post