Siti Aisyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

ARTI SUKSES

ARTI SUKSES

*********

Sore tadi aku berdiskusi dengan anakku tentang apa itu sukses? Menurutku sukses itu adalah kebahagian tersendiri sesuai keinginan kita dalam melakukan sesuatu yang diinginkan. Sukses itu hidup nyaman, tenang, di kelilingi oleh orang-orang yang kita senangi. Sukses itu bisa bermanfaat bagi orang banyak. Namun, anakku mempunyai pendapat sendiri tentang apa itu sukses. Inilah pendapatnya:

Apa arti sukses menurutmu?

Saya pikir sukses itu tidak ada artinya. Orang-orang di luar sana berpikir sukses adalah tentang harta. Tentang bagaimana orang memperlakukan hidupnya dengan hasil yang ia dapatkan. Tentang bagaimana orang yang bekerja, bisa memperoleh hasil dengan pekerjaan yang cerdas, berkompeten, terlihat mudah, menyenangkan, memerlukan proses yang panjang dan memperoleh hasil yang besar. Tergantung bagaimana orang melihatnya. Ya memang benar, tidak mutlak salah jika orang menilai hal tersebut sebagai kesuksesan.

Tapi apakah orang tersebut benar disebut orang yang sukses?

Jika sukses adalah seperti itu, menurut saya dia bukan orang yang sukses. Jika sukses dinilai dari bagaimana kita melihat orang tersebut hari ini hidup dengan hasil dari apa yang telah ia lakukan, itu hanyalah “hasil". Perlu proses dari usaha yang dilakukan. Sedangkan sepanjang hidup kita harus terus berusaha. Maka jika sukses berarti hasil dari yang sudah kita usahakan. Ingat, itu hanya "hasil" dari salah satu usaha yang sudah kita lakukan. Setelah usaha yang berat, proses yang panjang maka kita akan mendapatkan hasil yang tentu saja memuaskan diri kita.

Tapi apakah selesai sampai di situ?

Tentu tidak. Ingat, hidup adalah bergerak. Di depan sana akan terus datang gelombang ujian yang akan menghantam. Menjadi batu loncatan ke level selanjutnya. Tapi jika kita berhenti sampai di sini dan merasa sukses dengan apa yang kita lakukan, menyerah, dan tidak mau terus berjuang maka kembalilah ia seperti dahulu.

Memang manusia tidak pernah merasa cukup. Tapi jika kita berhenti dan bersantai dengan apa yang sudah kita hasilkan sekarang maka ia akan jatuh dan terinjak-injak oleh orang lain yang terus berjuang. Sukses memang tidak ada batasnya. Tidak ada titik acuan yang pasti untuk membandingkan kesuksesan seseorang.

Orang yang sukses adalah orang yang terus berusaha, walau sedikit tapi ia tak pernah berhenti dan merasa cukup. Orang yang sukses adalah orang yang mempunyai hati yang kokoh dan istiqomah yang kuat dalam melakukan sesuatu. Tak ada garis finish kesuksesan dalam hidupnya. Kecuali ia sudah tidak lagi di dunia.

Orang yang sukses adalah orang yang selalu bersyukur dengan hasil dari usaha yang ia lakukan. Semakin banyak yang ia dapatkan, semakin tunduk pula ia kepada Yang Maha Memberi Rezeki kepadanya. Orang yang sukses adalah orang yang selalu bisa memberi kebahagiaan kepada sekitarnya. Entah itu antar makhluk bahkan dunia yang ia pijak. Dengan hartanya, kekuatannya, akal pikiran, serta hatinya ia tak akan puas jika ia tidak bisa memberikan kebahagian kepada sekitarnya.

Kesuksesan yang sebenarnya yaitu ketika seorang hamba yang kembali ke hadapan Tuhannya dengan hati yang di-ridhoi oleh-Nya. Semoga dapat membuka pikiran kita dan mengubah persepsi kita tentang kesuksesan.

Itulah hasil diskusiku dengan anakku. Aku hanya mendoakan semoga kesuksesan bisa diraihnya baik sukses di dunia maupun sukses di akhirat tempat kita kembali kelak. Aamiin.

**********

Jakarta, 11/3/2023

#48 (T.748)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren semoga sukses selalu ya bu

13 Mar
Balas

Setuju Bu, salam sukses.

12 Mar
Balas



search

New Post