Siti Fatimah

Menjadi manusia yg lebih berati dg menulis ...

Selengkapnya
Navigasi Web

USIR KOLESTEROL DENGAN MUDAH

Mentari pagi menyapaku dengan senyum kehangatan yang khas. Senin 16 Nopember 2020, merupakan hari dimana saya harus berada di madrasah. Dengan penuh semangat, saya panjatkan do’a, “ Ya Alloh jadikanlah hari ini , disetiap langkah saya menjadi amalan yang bermanfaat dan berkah, Aamiin”

Dengan 10 menit kukendarai motor buntut tersayang ke madrasah tercinta. Madrasah yang pernah mengajarkan saya ilmu hingga kini saya kembali untuk mengamalkan ilmu seperti bapak/ibu guru saya . Saya merupakan orang yang paling bersyukur diantara orang – orang yang bahagia. Saya belajar di MAN I Mojosari yang sekarang dikenal dengan MAN I Mojokerto, lulus tahun 1989. Dan Alhamdulillah pada tahun 2006 saya diangkat sebagai ASN di MAN I Mojokerto. Rasa syukur tak dapat saya bendung, lantaran nikmat ALLOH SWT begitu sempurna saya rasakan. Alhamdulillah….

Langkah kaki ku ayunkan kearah kantor guru, tempat sahabat guru berkumpul dan berbagi dengan riangnya. Rasa persaudaraan yang kental membuat saya betah untuk berlama-lama dengan teman-teman. Meskipun tangan saya bekerja namun diselal-sela itu candaan teman-teman membuat hati ini riang. Bekerja jadi menjadi ringan.

Pagi ini saya terima sebuah buku hasil dari barter dengan sahabat penulis. Buku ini berjudul ‘’Gejala dan Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol Tinggi”. Seorang guru telah menulis bagaimana jurus ampuh mengalahkan asam urat dan kolesterol. Sangat luar biasa dan membantu sekali buku ini. Saya memilih barter dengan buku ini lantaran ini usia sudah mulai beranjak senja. Keluhan rasa sakit pada kaki atau seluruh tubuh ini menjadi kian sering saya rasakan. Maklum Usia sudah hampir 51 tahun.

Informasi tentang kolesterol melalui buku bagus ini. Antara lain: Kolestorol merupakan lemak dalam darah. Secara umum ada dua jenis kolesterol yang ada dalam tubuh manusia yaitu LDL ( low-density lipoprotein atau kolesterol jahat) dan HDL ( high-density lipoprotein atau kolesterol baik). Tubuh memerlukan kolesterol untuk membangun sel-sel baru. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. (Ade:2020)

Pada umumnya kolesterol tinggi adalah dampak dari gaya hidup manusia yang tidak sehat. Terutama yang terjadi saat ini. Macam-macam makanan bertebaran dimana-mana dari yang disekitar kita sampai dengan online. Dimana banyak yang kurang memahami betapa bahanya konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan yang paling sehat adalah makanan yang kita masak sendiri. Dengan membuat sendiri kita akan lebih berhati hati. Rasa cinta akan tubuh dan keluarga akan membawa kita untuk lebih selektif dalam menyajikan makanan untuk keluarga tercinta.

Adapun gejala kolesterol tinggi:

1. Rasa lelah dan nyeri pada semua persendian kaki yang berkepanjangan

2. Timbulnya Xanthoma ( benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit)

3. Nyeri pada dada. Gejala ini sering dirasakan, namun banyak orang kurang perduli dengan salah satu gejala yang timbul.

4. Nyeri pada tengkuk. Mungkin kita sering merasakan hal itu. Namun lagi -lagi kita bohong pada diri, dengan berdalih posisi tidur salah.

Dari ke-empat gejala tersebut kita dapat lebih berhati-hati. Yang terserang kolesterol bukan hanya menyerang orang -orang yang sudah lansia. Untuk saat ini banyak orang-orang masih muda, bahkan masih beliah sudah terserang kolesterol. Lagi-lagi pola hidup yang salah dengan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat.

Untuk menetralkan kadar kolesterol, maka bisa digunakan ramuan untuk minuman sehari -hari. Minuman ini sangat segar dan rasanya tidak pahit. Sehingga bisa dikonsumsi semua jenis usia. Terutama yang takut sekali dengan rasa jamu. Meramunya minuman ini juga sagat mudah tanpa harus membutuhkan waktu dan biaya yang banyak. Sangat efektif dan efesien sahabat.

Sebenarnya banyak cara membuat bahan minuman namun disini yang akan saya sampaikan dengan dasar efektif dan efisien. Yaitu,

1. Teh Hijau

Teh Hijau memiliki beberapa antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Cara menyajikannya sangat mudah. Rebus 500 ml air sampai mendidih, selanjutnya ambil teh hijau sebangyak 3 kantung. Masukkan pada air mendidih tersebut dan diamkan sampai dingin. Selanjutnya bisa dimasukkan dalam lemari es agar bisa dikonsumsi setiap saat. Perlu diingat untuk tidak menggunakan gula sama sekali, gantilah gula dengan madu murni.

2. Jus Anggur atau Jus Jeruk

Jus sering dikonsiumsi banyak orang. Namun pembuatannya belum benar, karena masih banyak menggunakan gula dan susu. Mulai saat ini jika membuat jus maka buatlah yang asli tanpa gula dan susu agar lebih sehat. Jus jeruk memiliki folic acid yang dapat menurunjkan homocysteine. Factor penyebab serangan jantung . Pada jus anggur banyak mengandung flavonoid dan resveratrol merupakan antioksidan yang mampu mencegah penggumpalan sel darah merah dan penyumbatan arteri.

Dari uraian diatas bisa kita dapatkan informasi bagaimana manusia menjalani hidup dengan sehat. Kesalahan yang kita lakukan selama ini merupakan tabungan racun dalam tubuh kita. Mulailah dari hari ini, dengan terapkan pola hidup sehat. Dan selalu meminum penetral kolesterol. Agar kita dapat menikmati hidup ini dengn sehat lahir batin.

Selamat Beraktifitas

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga tetap sehat bebas kolesterol

17 Nov
Balas

Aamii . Sehat sll Bu saroh

25 Nov

Terimakasih informasinya

16 Nov
Balas

Sama sama bunda

16 Nov

Ulasan yang bermanfaat, terima kasih bunda infonya

18 Nov
Balas

Makasih bu Yana . Sehat sll bu

25 Nov



search

New Post