Siti Fatimah

Alumnus PPS UNNES bekerja di SMP 2 Kudus sejak tahun 1995 Mata Pelajaran IPA...

Selengkapnya
Navigasi Web

Asyiknya Membuat Dongeng

Malam semakin larut, tapi ada satu ganjalan hati yang membuat rasa kantukku tak kunjung datang. Yah..aku harus membuat dongeng tentang semut. Aku belum.pernah membuat dongeng sekalipun. Tetapi malam.ini aku harus menyelesaikannya. Bermodal sedikit pengetahuan tentang cara menulis dongeng dari pak guru Heru, akhirnya kucoba memulai langkah awal membuat dongeng.

Langkah awalnya adalah mencari ide menulis. Menurut pak guru Heru dalam.mencari ide tentang dongeng semut kita tidak perlu menggunakan pemikiran yang sangat mendalam, kita dapat melakukan nya dengan santai sambil.menikmati secangkir kopi susu . Kemudian buka gawai dan cari di internet gambar -gambaf tentang semut. Nah dari gambar-gambar itu,nanti akan muncul berbagai ide menulis tentang semut.

Aku pun mengiyakan sarannya, Kubuka web tentang dunia semut. Setelah kubuka dan kubaca beberapa artikel tentang semut,, ternyata hewan penghasil asam formiat ini punya banyak keistimewaan. Ia binatang kecil yang cerdas. karena dalam.ganglionnya terdapat 500ribu sel saraf. Hewan isi juga pakar dalam strategi perang, merancang bangunan, komunikasi dan kerjasama. Wow....wonderful. Subhanallah... Allah menciptakan segala sesuatu tidak sia-sia.

Selain itu semut juga mempunyai rasa solidaritas yang tinggi, bergotong royong, bahu-bahu bengatasi masalah. Dari sini aku dapat ide menulis dongeng semut yang berjudul Kado yang paling berharga.

Asyik sekali berimajinasi, membayangkan kehidupan makhluk kecil yang membuat sarang di bawah tanah. Dan satu lagi yang penting dalam mendongeng adalah harus ada unsur pembelajaran bagi anak-anak kita, dan ceriita yang dibuat tidak perlu panjang lebar dan menggunakan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami anak.

Semoga saja dongeng semut mu menarik hati para pembaca dan memberikan pembelajaran bagi anak_anak.

#Edisi mendongeng

Cikfat. 10.12.2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah Bu Siti Fatimah, dongeng semutnya siratkan banyak makna kehidupan. Kecil tak berarti tak bisa, tetap melangkah galang solidaritas, maju gotong royong bersama untuk capai tujuan.

11 Dec
Balas

Ya Bunda. Banyak belajar dari semut ya Bun. Semoga sukses dan sehat selalu

11 Dec

Keeen cikgu, semut makhluk yang tertera dalam alqur'an tentu banyak himah yang dapat dpetik. Sukses selalu dan barakallah

11 Dec
Balas

Iya Bunda Pipi. Salam sehat dan sukses selalu

11 Dec

Wow ...mantaps Cikgu..Ditunggu dongeng semutnya....Semoga selalu sehat dan menginspirasi..Barakallah..

11 Dec
Balas

Dongeng dah siap bunda. Tinggal tunggu reviewnya, biar pantas dibaca

11 Dec



search

New Post