Siti Fatimah

Alumnus PPS UNNES bekerja di SMP 2 Kudus sejak tahun 1995 Mata Pelajaran IPA...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jadilah Kamu Pahlawan

Hari ini di Halaman sekolahku diadakan upacara Dalam rangka memperingati hari pahlawan. Hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam mempertahankan statusnya sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dari penindasan para penjajah. Bebas menentukan nasib dan mengatur kehidupan bangsanya sendiri.

Dalam upacara kali ini pembina upacara mengharapkan agar peserta didik untuk menjadi pahlawan. Pahlawan tidak harus bertempur dan menyabung nyawa di medan laga seperti pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Menjadi pahlawan tidak harus mengangkat senjata melawan penjajah. Sebagai pelajar, peserta didik diharapkan menjadi pahlawan untuk dirinya, untuk keluarganya, untuk sekolah, untuk masyarakat, dan untuk negara.

Bagaimana caranya untuk menjadi pahlawan? Cara sangat mudah. Belajarlah dengan rajin. Belajar bukan hanya dengan membaca buku mata pelajaran. Belajar tidak hanya diperoleh dari bangku sekolah. Belajar bisa dilakukan di mana pun. Membaca dan membacalah berbagai kajian ilmu. Bekali diri dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan untuk bekal kehidupan di masa depan. Karena di masa depan kalian adalah pemimpin kami.

Menjadi pahlawan jaman now memang tidak harus berperang. Sebagai pelajar, jadilah pelajar yang santun dan bertata Krama. Sebagai warga negara Indonesia yang termasyhur adat ketimuran yang luhur, pelajar harus nguri-uri budaya luhur. Sebagai contoh yang sederhana, ketika kalian berbicara, gunakan kata-kata yang baik dan tepat sasaran. Ketika kalian meminta izin jangan berkata " Bu, Aku mau ke WC. Atau Pak, Aku tadi habis sarapan." Penggunaan aku itu tidak tepat, karena kalian berbicara pada orang yang lebih tua. Gunakanlah kata "saya". Itu akan terkesan lebih sopan dan santun. Jadi jadilah kamu pahlawan dengan menjadi pelajar yang rajin, kreatif, cerdas dan santun.

Diakhir upacara bendera dibacakan doa untuk para pahlawan yang telah gugur, semoga diampuni segala dosanya, diterima segala amal baiknya dan ditempatkan di surga-Nya. Dalam doa ini juga tersirat doa untuk generasi penerus bangsa agar dapat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sehingga membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan mampu bersaing di era global.

#Edisi Mengenang Hari Pahlawan#

Cikfat. 10.11.2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kita ambil spirit para pahlawan kita. Ujudkan dalam karya nyata. Selamat...!! Selamat ! Jayalah bangsaku.

10 Nov
Balas

Terima kasih Pak WA Sutanto, telah berkunjung ke rumah saya. Semoga sukses selalu. Barakallah

10 Nov

Semangat Pahlawan, terus berkarya sesuai perannya..salam sehat dan sukses slalu Bunda Fatimah...

10 Nov
Balas

Semangat para pahlawan tanpa tanda jasa. Mari kita mencerdaskan anak bangsa. Terima kasih Bu Mariupi telah berkunjung ke rumah saya. Barakallah

10 Nov

Setuju bunda, sukses selalu dan barakallah

10 Nov
Balas

Aamiin.... mksh Bun. Dah mampir

10 Nov

Tulisan Bu Siti Fatimah keren. Semangat Hari Pahlawan!

10 Nov
Balas

Matur nuwun Bapak Ayo Sugiryo. Terima telah berkunjung ke rumah saya. Merdeka. Selamat hari pahlawan

10 Nov

Selamat dan semangat hari pahlawan, kita juga pahlawan pendidikan, salam literasi cik gu barokallah.

10 Nov
Balas

Tips....mksh

10 Nov



search

New Post