Siti Habibiyah

Seorang ibu dengan dua orang anak yang berprofesi sebagai guru di MTs Negeri 10 Jember. Ibu yang memiliki kegemaran membaca dan menulis telah memiliki kary...

Selengkapnya
Navigasi Web
Malam Nisfu Syaban ( T. 6 )
Malam Nisfu Syaban (T.6)

Malam Nisfu Syaban ( T. 6 )

Nisfu Syaban berarti pertengahan bulan Syaban, yaitu jatuh pada tanggal 15 Syaban. Seperti yang diberitakan di berbagai media, tahun ini malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 7 Maret 2023.

Menjadi tradisi umat Islam Indonesia menghidupkan malam Nisfu Sya'ban dengan melakukan berbagai ibadah. Banyak dilakukan di masjid atau mushola secara berjamaah yaitu membaca surat Yasin sebanyak 3 x yang dilanjutkan dengan berdoa.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan al-Dailami, Imam 'Asakir, dan al-Baihaqy, Rasulullah Saw bersabda:

Man ahya lailatal-'iidaini wa lailatan-nishfi min sya'baan lam yamut qalbuhu yauma tamuutul-qulub

Artinya: "Siapa saja yang menghidupkan dua malam hari raya dan malam Nisfu Sya’ban, niscaya tidaklah akan mati hatinya pada hari dimana pada hari itu semua hati menjadi mati.

Membaca surat Yasin bisa dilakukan sendiri atau dengan cara beramai- ramai.

Tidak semua umat Islam Indonesia sependapat dengan tradisi menghidupkan malam Nisfu Sya’ban. Untuk itu, sikap saling menghormati perlu dikedepankan. Terlebih, amaliah menghidupkan malam Nisfu Sya'ban merupakan persoalan furu'iyyah yang diisi ibadah untuk mempertebal keimanan. Wallahu a'lam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimakasih Bun... Semangat terus belajar

07 Mar
Balas

Alhamdulillah, bisa ktemu di sini Ratnaku..

08 Mar
Balas

Subhanallah...keren

07 Mar
Balas

Barakallah Mak CikGuk...

08 Mar
Balas



search

New Post