Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengapa Sulit Memaafkan

H-645 Gurusiana

Sebesar apa kesalahan orang lain hingga sulit dimaafkan. Seluas apa kesabaran diri untuk memaafkan kesalahan orang lain. Kenyataannya, seluas apapun kesabaran seseorang, sulit untuk memaafkan. Mengapa?

Menurut beberapa sumber, ada beberapa faktor yang mempengaruhi jiwa seseorang hingga sulit memaafkan. Antara lain:

1. Karena merasa tidak adil jika orang yang bersalah tidak diberi hukuman. Apakah hukuman itu akan membuka pintu maaf? Tidak tahu juga. Karena jika hukuman itu merasa tidak sebanding dengan kesalahan yang dilakukan, hal itu akan menjadi faktor sulitnya untuk memaafkan.

2. Sulit percaya lagi. Jika kesalahan dilakukan berulang kali, seseorang akan memandang orang itu, tidak menghargai dirinya sendiri. Dia dipandang sebagai orang munafik yang pura-pura menyesal dan kemudian meminta maaf. Namun setelahnya, dia kembali melkukan kesalahan yang sama. Hal itu tentu sumit dimaafkan.

3. Terlalu besar harapan. Seseorang yang pernah disakiti, kemudian memaafkan, akan membuka peluang untuk merajut kembali hubungan yang retak. Namun jika kembali disakiti, harapan itu menjadi musnah. Karena pintu maaf semakin erat tertutup.

4. Menganggap ada yang belum selesai. Seseorang sulit memaafkan karena menganggap masalahnya belum selesai. Tidak cukup dengan kalimat minta maaf. Mungkin ada hal yang harus diselesaikan namun belum ditunaikan. Sehingga jika dimaafkan, akan memberi peluang untuk memunculkan masalah baru.

Senada seperti yang disampaikan dalam media sukabumi.update.com. maka berusaha lah untuk menjadi pribadi yang bisa memaafkan.

Cilegon, 29 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Teh Eyang.. Kalau saya mah punya prinsip Forgive but not Forget, biar tidak melakukan hal yang sama pada orang lain. hehe.. Sukses selalu

30 Apr
Balas

Setuju Mas. Bener banget. Kalau dilupakan tidak menutup kemungkinan berulang. Sukses selalu

01 May

Ulasan yang bernas. Makasih, Ambu. Sukses selalu

30 Apr
Balas

Sami-sami, Cinta

01 May

Mantap Bu Sholihah, sukses selalu.

29 Apr
Balas

Terima kasih Bunda. Sehat dan sukses kembali

01 May

Btl bgt, Ambu. Mf sdh kt berikan tp ada hal yg hrs diselesaikan dl.

29 Apr
Balas

Nah iya Oma. Setuju. "Telah kumaafkan, hukum tetap jalan" he he...biar ada efek moral. Sehat selalu Oma.

01 May

Amin. Memaafkan memang sulit. Tapi sudah seharusnya kita berusaha memafkan orang lain. mantap ulasannya, Bu.

29 Apr
Balas

Terima kasih Bunda. Sehat selalu

01 May



search

New Post