Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyisir Jejak Literasi Reuni Guru Penulis (6)

Menyisir Jejak Literasi Reuni Guru Penulis (6)

H-119 365 Gurusiana

Menyisir Jejak Literasi Reuni Guru Penulis (6)

Emak-emak Saba Kota

Perhelatan Temu Nasional Guru Penulis tahun 2022, kepesertaannya didominasi oleh kaum hawa. Ya, emak-emak perkasa datang dari berbagai wilayah propinsi di Indonesia. Tidak terkecuali Propinsi Banten, dan khususnya Kota Cilegon.

Kota dengan peserta yang super mini ini (6 orang), kehebohan sudah terjadi sejak persiapan awal, mengalahkan kehebohan peserta yang jumlahnya ratusan.

Mulai dari membincang masalah kerudung yang cocok untuk dipadupadankan dengan batik literasi dan baju yang akan dikenakan pada hari kedua, chat pembahasannya berjilid-jilid. Bagaimana hasilnya, ya tetap berwarna bagai pelangi. Padahal pada kapal besar TNGP sudah jelas ditentukan. Begitulah emak-emak, sen kiri belok kanan.

Kota Jakarta, walaupun secara geografis merupakan wilayah terdekat dari Kota Cilegon. Namun dalam praktiknya, ke Jakarta bagai Komo, cuma lewat jalan Tol. Jadi kota di dalam Jakartanya itu sendiri masih merupakan wilayah asing, karena hanya wilayah wisata tertentu yang sering dikunjungi. Itu pun dibawa rombongan bukan pergi sendiri. Walau sudah dipermudah oleh jasa Google Maps. Tapi itu menjadi dasar keseruan emak-emak yang saba kota

Emak-emak pemberani itu melenggang ke gedung JCC degan penuh percaya diri. Mengikuti ceremonial acara TNGP di setengah hari pertama. Dilanjutkan dengan menjelajah pameran buku di sana.

Selanjutnya menuju Gedung Perpusnas RI, dengan menggunakan jasa Grab. Karena diantara emak-emak tidak ada yang paham akses menuju ke sana. Walau sudah diinformasikan bisa menggunakan MRT, namun tetep saja tidak berani. Alhasil, nyasar ke gedung Perpusnas di jalan Salemba, padahal yang jadi tujuan, Perpusnas Jalan Sudirman yang dekat dengan akses wisata ikon kota Jakarta, Monas.

Tak merasa khawatir, memesan grab kembali menuju gedung Perpusnas RI. Alhamdulillah,. Akhirnya tiba juga.

Emak-emak sumringah, karena baru kali ini menginjakkan kaki di Perpusnas. Lupa umur, jika sudah berkumpul dengan komunitasnya. Dalam berbagai kesempatan jeprat-jepret diabadikan. Termasuk di daerah salah tujuan. Keseruan terjadi tanpa beban. Walau beberapa pasang mata terlihat memperhatikan. Apalagi penampilan dengan memakai atribut Baduy mengundang perhatian. Emak-emak gak bisa dilawan.

Sayangnya setelah keseruan di Monas, tidak bisa melanjutkan ke Kota Tua. Karena hujan lebat. Padahal saya sendiri belum pernah ke sana. Namun jika berdesakan menggunakan payung, khawatir menambah pusat perhatian. Akhirnya batal dan harus cukup puas mengabadikan senja di Liberty Hotel, hingga pagi menjelang.

Kehebohan di hari kedua, diawali dari perjalanan mengunakan MRT yang juga untuk saya merupakan kali pertama. Hingga sampai di Gedung Kemendikbud Ristek RI, mengikuti acara yang super heboh. Para peserta mulai berbaur mengenal teman sesama penulis secara dekat.

Harus puas sampai di sini saja petualangan emak-emak ini, karena sadar harus menyiapkan energi untuk besok pagi melakukan aktivitas harian.

Mobil melaju dalam hujan, membawa berjuta kenangan yang tak akan lekang usia.

Cilegon, 18 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pisan ulasannya. Walau tak sempat hadir, mengikuti kisahnya saja berasa seperti ikut serta.. Sukses selalu

19 Nov
Balas

Hatie nuhun Mas...sehat selalu dan sukses kembali

19 Nov

Mantaaaappp.... Kenangan tak terlupa, foto jadi buktinya. Smg sehat selalu, Bunda

19 Nov
Balas

Begitulah Cinta...susah move on, nih ..masih terbaca kenangan indahnya.

19 Nov

Salam sehat dan sukses selalu ya bunda. Semoga tahun depan masih diberikan nikmat sehat dan nikmat sempat untuk meramaikan TNGP.Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

18 Nov
Balas

Aamiin Pak Dhe. Semoga siijabah. Salam sehat kembali. Selamat beristirahat...

18 Nov

Kenangan manis dan indah yang tidak akan terlupakan ya bund

18 Nov
Balas

Ya Bu... terpatri sepanjang hidup

18 Nov

Josss bgt bunda. Suatu saat kt pasti bertemu.

18 Nov
Balas

In syaa Allah Oma. Semoga dalam suasana lebih hangat

18 Nov

Rasa ingin mengulang kembaki ya Bund.Kenangan.manis yang tak terlupakan.Sayang tak sempat berfoto bersama dengan Bunda.Semoga tahun depan bisa berjumpa kembali. Sukses selalu Bunda.

19 Nov
Balas

Sebenarnya banyak saya juga berpoto denahn yg lain, tapi saya belum begitu jelas denagn siapa saja. Sayangnya Bunda juga tidak potonya ya ..salam sehat dan sukses kembali

19 Nov

TNGP meninggalkan kesan mendalam dan kenangan manis tak terlupakan. Salam sehat dan bahagia selalu buat Bunda.

18 Nov
Balas

Betul Bund. Apa Bunda ada juga di kwrumuna. Itu...? Sayangnya gak bertwmu muka ya Bund. Salam sehat kembali

18 Nov

Kali kedua jumpa Bu Zam. Pertama di Untirta (Festival Literasi Nasional 2021) dan yang kedua di Jakarta. Terima kasih "seduhan lestari daun kelor" nya. Baru dibuka dan sedih kemarin di sekolah. Rada dan aromanya mirip "teh akar pohon jengkol"[email protected] literasi.

19 Nov
Balas

Aih mengapa bisa begitu....saya memang belum mencobanya, pak ... karena pesanan utk dibawa ke Jakarta blm ada. Baru itu yang bisa saya bawa. Tapi yg di kantor Pokja , temen " gak ada yang protes begitu ..jadi gak usah disedu lagi, kalau gitu .nanti aku ganti yg lain...ini perlu diteliti.

19 Nov

mantap keren cadas...ulasan keren menewen, healing...salam literasi sehat sukses selalu buwas Siti Jamiatu Sholihah bersama keluarga tercinta

18 Nov
Balas

Ha ha...ini mah kelakuan emak-emak nekat , pak Kepala...lupa umur...xi xi xi..terima kasih selalu..hadirnya. salam sukses... selamat berakhir pekan

18 Nov

Alhamdulillah, sayang kita tak sempat foto ya Bu. Semoga selalu sehat dan sukses.

18 Nov
Balas

Betul Bund. Kita kesulitan mencarinya. Kita juga tidak memiliki nomor secara pribadi ya .adany di group...jadi agak susah ketemu...mudah mudahan lain kali bisa bersemuka. Sehat dan sukses kembali

19 Nov

Keren lah rombongan Cilegon mah. Semoga sehat selalu Bunda.

19 Nov
Balas

Terlihat sedikitnya ya Bund. Salam sehat dan sukses kembali

19 Nov



search

New Post