Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nilai Tinggi Bukan Cerminan Cerdas

H-667 Gurusiana

Dalam ilmu psikologi, kecerdasan tidak tercermin pada nilai akademis, melainkan terdapat pada cara anak memahami dunia di sekitarnya. Karena itu, orang tua tidak perlu khawatir jika putra putrinya memiliki kelemahan pada nilai akademisnya.

Dalam ilmu psikologi lebih jauh dijelaskan, bahwa seorang anak dikatakan cerdas jika memiliki indikator berikut:

1. Memiiki ketertarikan mendalam pada pengetahuan. Memiliki minat yang kuat dalam mengeksporasi dunia. Ketertarikan ini akan ditunjukkan dengan banyak bertanya untuk mendalami hal baru.

2. Memiliki kemampuan berpikir kritis. Memiliki kemampuan untuk memandang sesuatu dari berbagai aspek. Menganalisis dan membuat kesimpulan dengan merangkum beberapa konsep.

3. Memiliki kemampuan imajinasi yang luas. Memiliki daya kreasi yang tinggi. Dan menghasilkan ide-ide cemerlang.

4. Memiliki kepribadian sosial dan empati yang tinggi. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Memahami perasaan orang lain, dan pandai bekerjasama, serta mampu memengaruhi orang lain dengan cara yang positif.

5. Memiliki kemampuan emosional yang kuat. Memiliki banyak usaha untuk mengatasi kesulitan, mampu mengelola stress, dan mau belajar dari pengalaman orang lain.

Nah, jadi kecerdasan itu tidak tercermin sama sekali pada besaran nilai. Bahkan Albert Einstein berpendapat bahwa setiap orang adalah seorang genius. Jika menilai seseorang dari kemampuan ikan memanjat pohon, maka seumur hidup yang dia temui adalah kebodohan.

Hal ini senada dengan salah satu hadits Rasulullah yang menjelaskan bahwa setiap anak yang lahir adalh fitrah, suci. Ibarat kertas putih. Maka orang tua, pendidikan, dan lingkungan bergaulnya merupakan penentu anak itu akan mengikuti pola asuhnya.

Semoga bermanfaat. Mohon koreksi jika keliru.

Sumber: wisata.viva.co.id

Cilegon, 21 Mei 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post