Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web

NYEKAR

H-240 365 Gurusiana

NYEKAR

Suatu ketika sepulang kerja, saya biasa melewati areal pemakaman besar. Beberapa hari ini areal itu dipenuhi para pedagang bunga. Awalnya saya berpikir ada pembesar yang akan dimakamkan di sana. Namun baru hari kemarin menyadari, saat di sana banyak orang di beberapa makam terlihat ber-do'a dan menabur bunga.

Setiap akan memasuki bulan suci Ramadan, kebiasaan itu muncul. Sebagai bentuk penafsiran yang dipahami dari sebuah hadits bahwa mereka yang sudah berada di alam kubur, jika sedang dalam hukuman Allah, maka selama bulan Ramadan, hukuman itu akan dihentikan karena keberkahan bulan suci itu

Memahami penafsiran itulah maka keluarga yang masih hidup akan memohon kepada Allah, agar ahli kubur itu dibebaskan selamanya dari hukuman itu. Kebiasaan itu pada masyarakat muslim disebut nyekar. Mendo'akan dengan mendatangi makamnya langsung, dibersihkan dari rerumputan, diganti dengan taburan bunga yang harum semerbak. Wallahu a'lam.

Cilegon, 18 Maret 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya teh.. Kebiasaan baik yang terus menerus dijaga.. Sukses selalu

19 Mar
Balas

Smg nyekar tidak cuma pas ramadhan ya, tapirutin dilakukan hehe... Ulasan yang menarik, Bun

19 Mar
Balas

Kalau di Jawa Tengah khususnya dimulai dengan tradisi Nyadran. Salam sehat dan sukses selalu. Selamat malam selamat beristirahat. Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

18 Mar
Balas

Btl bunda. Kami kelg bsr tgl 5 Maret lalu nyekar ke mkm leluhur.

19 Mar
Balas

Kebiasaan yang masih terjaga. Salam sukses, Bu.

19 Mar
Balas

Tradisi yang masih terjaga dengan baik. Ulasan yang menarik Bunda. Semoga sehat selalu.

18 Mar
Balas



search

New Post