Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tanda Anak Cerdas Bukan Nilai Akademis

H-676 Gurusiana

Kecerdasan seorang anak sering kali dipandang dari aspek akademis. Misalnya karena selalu menjadi yang the best teen, atau rangking 10 besar. Atau jago fisika, pintar matematika, dan sebagainya. Dan itu pasti akan menjadi kebanggaan setiap orang tua.

Namun menurut psikologi, kecerdasan anak itu tidak dilihat berdasarkan akademis. Melainkan dilihat dari banyak aspek.

Menurut psikologi, tanda-tanda anak cerdas itu, antara lain:

1. Kemampuan berbahasa. Anak yang cerdas memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik di antara teman sebayanya, baik dalam penguasaan kosakata atau dalam pelfalannya.

2. Kemampuan membaca dini. Anak cerdas memiliki kemampuan membaca lebih muda dari usia pada umumnya. Tertarik pada buku dan mudah diajak belajar.

3. Keingintahuan yang tinggi. Anak cerdas selalu punya keingintahuan yang tinggi. Ditandai dengan banyak bertanya tentang hal yang ingin diketahuinya.

4. Kemampuan menemukan masalah. Anak cerdas selalu kreatif, mencri solusi. Suka tantangan dan memiliki daya pikir analitis.

5. Memiliki daya ingat yang kuat. Mudah mengingat informasi dengan cepat.

6. Adaptabilitas yang tinggi. Mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

7. Mandiri. Punya inisiatif sendiri tanpa menunggu arahan orang lain.

8. Kecerdasan emosional. Memiliki kemampuan memahami perasaan orang in dan mengelola emosi dengan baik.

Sumber: jawapos com

Cilegon, 30 Mei 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap banget, sukses selalu untuk Ibu

31 May
Balas

Keren & informatif, Bunda. Btw...Ellena bgt ini.

31 May
Balas

Sepakat pake banget, Bu. ada kecerdasan enosional yang juga berperan. Salam bahagia.

31 May
Balas

Mantap

30 May
Balas

Terima kasih

31 May



search

New Post