Siti Juwariyah, M.Pd

Nama : Siti Juwariyah, M.Pd Tempat, Tanggal Lahir : Banyuwangi, 5 Januari 1986 Unit Kerja : SMKN 1 Panji EMail : [email protected] Hp : 08121736394...

Selengkapnya
Navigasi Web
APA BENTUK MAKALAH TINJAUAN ILMIAH?

APA BENTUK MAKALAH TINJAUAN ILMIAH?

Penulis : Siti Juwariyah

Tantangan menulis ke-38 hari

Makalah tinjauan ilmiah lebih dikenal guru dengan bentuk best parctice. Makalah tinjauan ilmiah merupakan karya tulis guru tentang ide atau gagasan mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada disatuan pendidikannya (sekolahnya). Makalah tinjauan ilmiah yang berbentuk best practice bukan merupakan ringkasan dari laporan penelitian tindakan kelas (PTK). Kerangka isi makalah tinjauan ilmiah atau best practice antara lain :

A. Bagian Awal

Bagian awal ini terdiri dari :

· Halaman judul

· Lembar pengesahan

· Kata Pengantar

· Daftar Isi

· Daftar Tabel

· Daftar Gambar

· Daftar Lampiran

· Abstrak atau ringkasan

B. Bagian Isi

Bagian isi ini umumnya terdiri dari 4 bab antara lain:

· Bab I Pendahuluan

· Bab II Tinjauan Pustaka

· Bab III Pembahasan

· Bab IV Simpulan dan Rekomendasi

C. Bagian Penunjang

Bagian penunjang ini berisi :

· Daftar Pustaka

· Lampiran

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti ajang guru berprestasi, maka kerangka penulisan best practice ini menyesuaikan dengan pedoman lomba. Ada beberapa perbedaan dengan yang saya tuliskan diatas yaitu terdapat Bab pada bagian isi yaitu bab pendukung dan penghambat best practice.

Bukti fisik makalah tinjaun ilmiah ini harus terdapat surat pernyataan keaslian karya dengan mengetahu kepala sekolah dibuktikan dengan tanda tangan kepala sekolah serta stempel. Selain itu, makalah ini harus dipublikasikan diperpustakaan sekolahnya sehingga memerlukan surat keterangan publikasi yang ditandatangani kepala perpustakaan. Makalah tinjauan ilmiah ini memiliki nilai angka kredit sebesar 2.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post