siti khusnul khotimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR DI RUMAH PERTAMA- 2 KOSA KATA ASAL DIUCAPKAN
Foto: dokumentasi pribadi

BELAJAR DI RUMAH PERTAMA- 2 KOSA KATA ASAL DIUCAPKAN

#TantanganaGurusiana

Tantangan hari ke-71

KOSA KATA ASAL DIUCAPKAN

Hari ini Kamis, tetapi tidak puasa karena sore tidak direncanakan. Artinya makan sahur belum disiapkan. Anak-anak sudah lengkap berada di rumah, sehingga belum siap jika mendadak berpuasa sunah. Di samping itu Ayah mereka masuk angin karena seharian mengurus pekerjaannya dan kena angin karena bepergian menjemput putri nomor dua yang libur lantaran Ujian Nasional SMA ditiadakan.

Mentari bersinar cerah, jendela dan pintu depan sengaja dibuka lebar. Kakak sudah menyiapkan kosa lkata untuk dihafalkan adik-adiknya. Sambil menyiapkan piring mereka mengangkat tinggi sebuah piring dan menyebutnya. Piring, plate, shohnun. Mengambil satu gelas dan menaruh di meja berkata sangat keras. Gelas, glass, kuubun. Dia melihat ibu di dapur juga berkata my mother in dapur, kichen, batbakhun. Seru juga. Adik dan kakak bersautan tidak mau kalah.

Kakaknya nomor dua tersenyum dan mengangkat dua jempol untuk.kedua adiknya yang masih kelas tiga dan lima Sekolah Dasar.

Tidak lama kemudian, makan pagi siap dinikmati. Tidak ada yang reques menu karena mereka sudah lapar. Cuci tangan. Bismillah, dan menukmati nasi putih, sayur pindang ikan laut, perkedel jagung. Buah naga sebutir, dan apukat dua butir ada di meja. Dicukupkan untuk berbagi tanpa di juss. Madu dan habatussaudah ada di sudut meja. Mereka tahu kapan meminumnya, kecuali dua adik yang kecil ini mesti diambilkan. Kadang harus sedikit dipaksa agar bisa mengkonsumsinya.

Cucian dalam bak mesin cuci diteruskan dijemur oleh Ibu, kakak mencuci piring, adiknya menyapu dan mengepel sebisanya. (Nanti diulang oleh yang lebih dewasa).

Mentari naik lebih tinggi, berjemur badan cukup membantu kesehatan. Pro vitamin D segar dan membuat semangat beraktivitas di luar rumah. Cukup di pekarangan sebelah. Daun ubi sudah menghijau, pohon pisang mulai keluar bunga tunggalnya. Sedangkan cabe dalam polybag, kantong minyak minta disiram.

Lumayan bisa gotong royong dan juga berjemur semua anak. Air cuci tangan diganti, bunga ungu ditanam dalam pot baru, dan semua riang berhasil menyelesaikan pekerjaannya. Berjemur telah usai, kini semua cuci tangan dengan sabun dan melanjutkan pembelajaran dalam rumah.

Sambil memasang karpet mereka mengulang menghafal kosa kata tadi. Wifi diaktifkan dan laptop dibuka. Mereka nonton video tentang perjuangan. Ibu membiarkan yang mereka tonton, siang nanti mereka akan menceritakan tokoh tokoh hebat di dunia.

Ibu duduk di samping mereka, menulis dalam notepad, kakak masuk kamar tanpa membuka buku. Dan Ayah keluar rumah untuk menyelesaikan tugas hariannya.

Usai itu ibu dan kakak kembali ke dapur menyiapkan makan siang dan juga sebagian untuk sore nanti. Si kecil mulai reques.

"Aku mau daging ayam."

" Enak tenan, tapi belum dipotong." Jawab kakaknya sambil menunjuk kandang ayam di pekarangan luar.

" Iya besok abi yang potong ayam, kalian ikut membersihkan ya. Sekarang ini kita bikin ..." sahut Ibu yang sedang memotong tempe dan disebelahnya ada beberapa telur.

"Yes, OK, na'am. Tidak, no, laa." Jawab si kecil bersamaan. Mereka tidak menyatakan ya atau tidak atas jawaban Ibu, tetapi menghafal kosa kata yang asal diucapkan agar lebih mudah mengingatnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus Bu .follow balik ya bu

26 Mar
Balas



search

New Post