Siti Magfiroh

Guru SMPN 1 Cikande dan guru YPI Ar-rahman. Alamat Kampung Jati Gede Desa Cakung Kecamatan Binuang Kabupaten Serang Provinsi Banten Aku fb ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kaliku Hilang Kaliku Malang

Sudah punya satu bajupun hebat rasanya, bukan hanya aku tapi termasuk teman-temanku, kami hanya punya satu baju untuk dipakai cuci ceritaku pada anak-anak yang umurnya sama denganku tapi beda masa dan umur

"Kalau zaman dulu, ada zet pam gak Kek?" tanya Kamal anak umur 10 tahun yang adalah cucu dari temanku yang kini sudah meninggal dunia 10 tahun silam usai sholat Subuh, meninggal yang indah gumamku ketika kudiceritaka Kamal cucunya.

"Apa itu zetpam?

Sumber air untuk mandi Kek?

Oh, dulu kami aktivitas MCK di sumur siuk,"

Apa itu sumur siuk? Tanya Kamal lanjut

Sumur siuk adalah lubang yang berisi air dengan kedalaman 4 meter, panjang dan lebar 4 meter biasanya ada di sawah selain sumur siuk kami juga sering mandi di sungai"

"Sungai? Emnag sungai buat mandi juga Kek?tanya Dian kaget

"Ia benar, sungainya kan hitam" Kamal menimpali

"Sungai jernih, airmya bersih, tempat kami mandi mencuci dan untuk memenuhi kebutuhan minum dan mesakan sebagai irigasi juga mencari makan sepeti ikan dan kerang," jelasku

"Seru yah Kek,"

Iya seru sekali, masa kanak-kanak kami, kami habiskan belajar di alam, membantu orang tua, tapi tak lupa belajar ilmu akhirat dan juga sekolah."

Kata kalian sunga hitam, kok bisa?

Bapak Dian yang seorang pengusaha membuat usaha besar dengan banyak karyawan membuang limbah di sungai,"

"Usaha apa?

".....

"Memang tidak bisa membuang airnya ke sungai tapi sungai tetap bersih,?

"Aku gak tahu kek,"

"Coba kamu cari tahu bukankah, kamu bisa bertanya sama Mbah googlemu itu ha..

Betul Kek, kenapa kita gak sejauh itu berpikir,

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post