Ida Mahmudah

Saya ingin selalu belajar menjadi lebih baik. Saya senang mengikuti kegiatan menulis. Apapun ingin saya tulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Menulis Buku bagi Pemula

Tips Menulis Buku bagi Pemula

Tips ini saya dapatkan dari menyimak video seorang penulis yang sangat produktif yaitu Jeferly Helianthusontri. Menurutnya ada lima tahapaan atau langkah yang harus di lalui dalam menulis buku.

1. Tentukan tema atau ide yang dekat dengan kehidupan kita. Misalnya tentang Pekerjaan atau hobi kita. Hal ini untuk memudahkan kita dalam menulis, karena kita sudah mengusai bahannya. Selainnya itu pilihlah tema yang menarik sedang diminati orang banyak.

2. Buatlah outline atau kerangka tulisan. Manfaatnya agar memudahkan kita dalam menulis. Atau buatlah daftar isi buku yang akan ditulis. hal ini untuk mengatasi jika terjadi stuck atau kemacetan dalam proses menulis, kita bisa melompatinya dan menulis bagian lain yang dianggap lebih mudah. outline bisa berupa mindmap atau rencana isi buku

3. Selanjutnya lengkapi materi atau data melalui riset, interview atau wawancara yang akan mendukung isi buku. kumpulkan data sebanyak mungkin sebelum menulis.

4. Drafting dengan target dan timeline yang jelas dan realistik. buatlah komitmen kerja, manfaatkan waktu sebaik mungkin. hindari kegiatan media sosial yang tidak mendukung proses penulisan dan hanya membuang-buang waktu saja

5. Teruslah berlatih. semakin sering menulis maka akan semakin bagus atau semakin ahli. Dengan sering menulis kita akan menemukan pola tulisan atau ciri khas yang kita miliki.

Demikianlah rangkuman isi video yang telah saya tonton. Menurut saya, apa yang telah dipaparkan dalam video tadi sangat informatif dan bermanfaat bagi para penulis pemula. langkah-langkah yang dijelaskan mudah difahami dan dipraktikkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informatif sekali bu haji. Salam sukses. Saya mendapatkan ilmu dan manfaat dari tulisan ibu. Terimakasih.

23 Sep
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Haji

07 Nov

Terima kasih tipsnya, Bu Hj. Sukses sealu. Salam literasi

23 Sep
Balas

Aamiin. Terima aksih Pak Dede

07 Nov

Terima kasih Pak Sukadi sudah mampir

23 Sep
Balas

Terima kasih sharingnya, lanjuut! salam literasi.

22 Sep
Balas

Sama-sama Bu Ina. Semangat

23 Sep

Mksh informasinya Bun, menambah motivasi

23 Sep
Balas

Sama2. Semangat ya

07 Nov

Mantafff ...

23 Sep
Balas

Terima kasih

07 Nov

Salam literasi dan sukses selalu bu. Mantab tulisannya..menambah wawasan

22 Sep
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak

07 Nov



search

New Post