Siti Nurhakimi S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KREASI KINCIR AIR BY YOUTUBE

KREASI KINCIR AIR BY YOUTUBE

BIJAK BERTEKHNOLOGI TINGKATKAN PRESTASI

KREASI KINCIR AIR BY YOUTUBE

Dengan kemajuan teknologi, menurut saya lebih memudahkan pemahaman. Proses pembelajaran tidak harus mempertemukan saya dengan guru. Nah, kali ini saya ingin bercerita tentang pelajaran IPAS di kelas 4. Pada waktu itu, saya dan teman-teman diberi tugas oleh Guruku membuat kincir air pada materi Transformasi energi. Bahan yang digunakan diantaranya adalah stik es krim. Aku langsung mencari bahan-bahan yang dibutuhkan, namun karena terlalu susah aku mengajak ayahku untuk membantuku. Ayahku menyuruhku untuk searching di Google atau YouTube. Sontak hal tersebut membuatku langsung mengambil HPku dan membuka Google untuk untuk mencari cara pembuatan kincir air. Alamat websitenya adalah https://youtu.be/iE6Bfc9ijRQ. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan antara lain; stik es krim, pipet sedang dan pipet kecil, kaleng, lem tembak, botol bekas, tusuk sate dan lain-lainnya adalah alat seperti gunting, cutter, paku kecil, talang, penggaris, korek,dan spidol. Langkah pembuatannya adalah siapkan stik es krim dan tempat pena, lalu potong stik es krim sepanjang 8 cm, potong juga tempat pena dengan ukuran 2 cm potong stik es krim sebanyak 6 buah potong lagi stik es krim kecil-kecil dengan ukuran 2 cm. Panaskan lem tembak untuk mengelem stik es krim yang kecil tersebut panjangnya membentuk membentuk huruf-huruf u. Setelah itu, stik yang panjang kita lem di tempat pena tersebut hingga membentuk kincir air. Sediakan kaleng dan pipet kaleng. Namun, sebaiknya jangan dibuka bagian atas biarkan tertutup. Lubangi kaleng bagian depan bawah dan bagian belakang atas masukkan lipat ke dalam kaleng yang sudah dilubangi bagian belakang atas masukkan Pivot ke dalam kaleng yang sudah dilubangi bagian belakang atas pipet panjang yang berbentuk huruf L tersebut. Lem pipet tersebut hingga tidak mengeluarkan air. Buatlah meja untuk tempat-tempat kaleng berdiri dan sediakan talam untuk tempat kincir air dan tempat meja kaleng agar berdiri tegak. Langkah langkah pembuatan tandon buatlah kerangka dengan menggunakan stij eskrim sehingga membentuk kurus. Kemudian susun 2 buah stik es krim menjadi segitiga sebagai tempat lidi. Kemudian tempelkan pada bagian sisi kiri atas kanan atas. Kemudian, potong bagian sisi sisi tutup botol sebagian tempat stik untuk membuat kincir air susun stik eskrim pada lubang hasil potongan susun stik eskrim pada lubang potongan tadi. Selanjutnya lem agar tidak lepas dan kuat, lalu buatlah lubang pada bagian tengah tutup botol. Tempelkan beberapa tutup botol pada bagian ujung ujung sebagai tempat penampungan air. Masukkan sedotan plastik atau sedotan es dan lain sebagainya botol kincir agar tidak lepas dan dekat. Pasang kincir yang sudah dibuat dengan cara memasukkan lidi ke dalam lubang tengah kincir. Nah, jadi deh kincir air buatanku.

Keesokan harinya Kincir tersebut aku bawa untuk di kelas. Guruku menghampiri kelompokku, ibu guruku bertanya kepada kami tentang bagaimana proses dan cara membuatnya. Nah, tibalah waktu kelompokku untuk presentasi di depan kelas tentang cara menggunakannya. Kelompokku yang pertama maju rasanya dag dig duerr hati ku. Namun, aq dan kelompokku mulai melakukan demonstrasi yaitu Pertama ambil air, kedua Tuangkan air ke dalam kaleng ketiga tutup sedotan yang mengeluarkan air ke keempat lepaskan sedotan yang mengeluarkan air dan kelima putar-putar kincir agar air turun. Guruku memberi tahu nilai ku dan teman- teman bahkan kami pun mendapat kan pujian yang luar biasa. Dengan adanya Tekhnologi, Guruku mengupload video ku Bersama kelompooku tentang kincir air kami, diunggah di YouTube. Alangkah senangnya hatiku hasil unggahan video kami banyak yang berkomentar positif dan mendapat banyak like. Linknya adalah https://youtube.com/watch?v=0XlAHwK4_LA&feature=shares .

Sekian pengalamanku berbagi praktik baik. Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan membaca literasi ini. Ayo teman-teman belajar tentang teknologi menggunakan handphone komputer laptop dan layar proyektor agar apa agar kita tahu tentang teknologi yang selama ini kalian pakai sekian terima kasih.

Halo nama Mario Nugroho biasa dipanggil Mario Aku bersekolah di SDN rambipuji 4. Aku duduk di bangku kelas 4. Hobyku adalah menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post