Siti Nurhakimi S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengalaman Tekhnologi Dalam Pro dan Kontra

Pengalaman Tekhnologi Dalam Pro dan Kontra

BIJAK BERTEKNOLOGI TINGKATKAN PRESTASI

Pengalaman Tekhnologi Dalam Pro dan Kontra

Di zaman milenial ini, kita di tuntut untuk mengenal serta mampu mengaplikasikan teknologi untuk berbagai akitivitas agar memudahkan kita dan mengehemat biaya serta waktu. Teknologi ini, sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Kita dapat menggunakan teknologi utuk berbagai keperluan, seperti mengakses internet, berkomunikasi jarak jauh, mengeksplor dunia dan isinya.

Seperti saat ini, aku sedang kesulitan mengerjakan pr ku, yaitu membuat video pembelajaran. Aku bertanya kepada orang tua ku tentang maksud dari tugas ku ini. Menurut beliau , tugas tersebut merupakan tugas praktik penanaman dan pengamatan perkecambahan selama seminggu. Aku bertanya lagi kepada orang tua ku tentang cara penanaman dan pengamatannya. Namun, orang tua ku kurang memahami cara penanaman dan pengamatannya. Karena ini, aku meiliki inisiatif untuk bertanya kepada kakak ku yang lebih memahami tugas ini dari pada aku.

Beruntung waktu itu kakak ku libur kuliah dan sedang bersantai memainkan handphone miliknya, aku berfikir mungkin ini waktu yang tepat untukku menanyakan tugas ini. Aku segera menghampirinya, sembari membawa buku dan bulpen milikku. “ Mbak, aku enek tugas, gawe video pembelajaran tentang tentang cara penanaman ambek pengamatan perkecambahan, piye mbak carane penanaman ambek pengamatane?” jelasku kepada kakak ku sembari menyerahkan buku tugasku. Kakak ku membaca format tugas tersebut. Kemudian dia menjelaskan maksud tugasku, lalu memainkan handphone nya lagi seperti sedang mencari sesuatu. Selang beberapa detik, dia kembali fokus kepadaku, “ Ngene le, aku paham tugasmu, tapi wedi salah cara penanamane, dadi saiki awakmu browsing ndek Google carane, lek pengen lebih jelas ndelok carane langsung ndek Youtube. Ndek Youtube awakmu iso ndelok opo ae seng pingin awakmu delok, asal nggak ngeke’i pengaruh elek ndek awakmu.” Tutur kakak ku panjang lebar. “ Nyeleh hp ne mbak, terus ajari cara nggolek e.” sahut ku setelah memahami penjelasannya. Kakak ku memberiakan handphone nya kepadaku, kemudian mengintruksiku untuk melihatnya menggunakan internet berupa Google dan Youtube. Dengan waktu beberapa detikpun, apa yang di cari dapat di akses.

Setelah memahami cara mengaksesnya, selanjutnya aku mencari informasi tentang cara penanaman pdan pengamatan perkecambahan di google. Dan dalam beberapa detik apa yang aku butuhkan muncul, aku tinggal mengklik informasi mana yang sesuai menurutku. Aku segera membaca dan memahami informasi tersebut, kemudian menuliskannya di buku tugasku. Karena aku ingin mengetahui prakteknya, aku mengakses vidoe di aplikasi Youtube. Aku memilih salah satu video yang sangat informatif dan mampu aku pahami. Setelah menonton dan memahami cara tersebut dengan baik, aku segera menyiapkan bahan apa saja yang di butuhkan untuk ini.

Setelah semua persiapan selesai,aku meminta bantuan kepada kakak ku untuk memvideokan ku menjelaskan dan praktik penanaman perkecambahan. Aku bebrapa kali mengulang take vidoe karena ini adalah pengalaman pertamaku. Namun, karena aku berusaha akhirnya aku selesai take video dengan baik. Aku merasa lega karena sudah menyelesaikannya.

Kemudian kami menonton hasil video tadi, di video tersebut aku awali dengan perkenalan diri, lalu menunjukkan bahan apa saja yang disiapkan seperti, kapas, wadah plastik ,kacang hijau, semprotan air, serta air. Kemudian aku menjelaskan step by step penanaman perkecambahan.

Tugasku hampir selesai, karena masih ada proses pengeditan video dengan sekreatif mungkin dan di unggah di Youtube agar menarik untuk media pembelajaran. Pada proses pengeditan video ini, aku dibantu oleh kakak ku, menggunakan aplikasi editor video. Setelah selesai, aku mengirimkannya kepada guruku, dan akhirnya aku senang dan lega.

Muhammad Ridho Satria Putra adalah namaku. Aku lahir di Jember, 24 Maret 2012 sebagai putra ketiga dari tiga bersaudara. Saat ini, aku tinggal bersama orang tua dan saudaraku, di desa Rambipuji, Kabupaten Jember. Disinilah tempatku di lahirkan dan di besarkan hingga saat ini, usiaku sudah menginjak 11 tahun. Tentang pendidikan, aku bersekolah di SDN Rambipuji 04 bersama dengan kakak keduaku dan saat ini, aku menjadi siswa kelas 4 SD.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post