Siti Nur Hasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Ulasan Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Identitas : Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Judul : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Penulis : HAMKA

Penerbit : Bulan Bintang

Kota tempat terbit : Jalan Kramat Kwitang, Jakarta

Tahun terbit : Cetakan ke-23, September 1999

Tebal halaman : 224 halaman termasuk juga tentang penulis

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck salah satu novel karya HAMKA. Novel ini mengisahkan cinta kasih nan murni di antara sepasang remaja yang dilandasi keikhlasan dan kesucian jiwa, yang patut dijadikan tamsil ibarat yang dilatarbelakangi dengan peraturan adat pusaka yang kokoh kuat dalam suatu negeri yang bersuku dan berlembaga, berkaum kerabat, dan berninik mamak.

Zainudin, sejak kecil telah dirundung oleh kemalangan. Ia tidak mempunyai saudara perempuan. Menurut adat Minangkabau, amatlah malang seorang laki laki jika tidak mempunya saudara perempuan yang akan menjaga harta bendanya. Sepeninggal ibunya, maka yang akan mengurus harta benda hanya tinggal ia berdua dengan mamaknya.

Zainudin akan pergi ke tanah asalnya, Padang. Tetapi hati kecil mak Base tak ingin Udin pergi. Sesampainya di sana, dia tidak diterima oleh neneknya, keluarga dari ayahnya. Mau berbuat apalagi, mungkin ini sudah takdirnya. Ketika berada di Batipuh, dia tinggal di rumah Mande Jamilah dan di sana hatinya terpikat oleh seorang perempuan yang cantik dan baik hati bernama Hayati.

Zainudin ingin menikahi Hayati tetapi lamarannya ditolak oleh keluarga Hayati. Hayati dinikahkan dengan Azis. Mendengar kabar itu, Zainudin jatuh sakit ia hampir putus asa. Muluklah yang memberi motivasi agar tetap semangat. Setelah Udin sembuh dari sakitnya, ia menulis karangan hingga dia menjadi pengarang yang besar.

Ketika di Surabaya, ia bertemu dengan Hayati dan suaminya yang rumah tangganya sudah di ambang kehancuran dan akhirnya mereka bercerai. Hayati ingin kembali bersama Zainudin, tetapi Zainudin menolaknya. Ia pun kembali ke tanah asalnya tetapi malang nasibnya kapal yang ditumpanginya tenggelam. Hayati masih selamat, namun tak berapa lama ia menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit. Setahun kemudian Zainudin pun juga meninggal karena sakit.

Novel ini sangat bermanfaat bagi sepasang kekasih yang khususnya sedang memperjuangkan cintanya yang begitu dalam dan mengalami perjuangan yang sangat besar dalam mengahadapinya.

Novel ini memiliki kelebihan juga kekurangan. Kelebihan novel ini antara lain berisi motivasi agar mereka berjuang lebih keras dalam memperjuangkan cintanya. Kalimat yang terbangun sangat indah dan mengesankan. Isinya menarik dan banyak mengandung amanat. Kekurangan novel ini di antaranya banyak berisi surat-surat sehingga yang membacanya akan lebih cepat bosan.

Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang ditulis oleh HAMKA ini cukup populer di Indonesia. Novel ini juga tidak hanya disajikan dalam bentuk buku saja melainkan novel ini juga disajikan dalam bentuk film. Dari film itulah novel ini dikenal oleh masyarakat dan laris terjual.

Dengan mengesampingkan kekurangannya, novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini benar-benar menarik untuk dibaca. Novel ini memberi motivasi, semangat, dan inspirasi bagi pembacanya. Selain itu novel ini juga mengajarkan tentang perjuangan keras seorang lelaki dalam memperjuangkan cinta sejatinya dan mengajarkan agar kita tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan yang besar.

----oo0oo----

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post