Siti Rahminingsih, SPd

Guru Bahasa Jerman di SMAN 1 Karangdowo, Kab. Klaten, Propinsi Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
INGIN DIDENGAR  (Hari ke 369)
Fotoku

INGIN DIDENGAR (Hari ke 369)

Saya kira anda sering berbincang santai dengan teman. Temanya bisa apa saja yang terbersit saat percakapan. Bisa makanan, pekerjaan, hobby, dan hal pribadi. Yang bahaya 'ngrasani' dan mengungkap hal-hal yang tidak seharusnya dibeberkan. Itu bisa terjadi karena percakapan mengalir deras begitu saja, kehilangan arah, tak terbendung, menabrak dan merusak yang dilaluinya.

Dalam percakapan itu seringnya orang membanggakan diri dan keluarga. Bila sampai tahapan ini cerita terus mengalir tak bisa disela. Seseorang cenderung asyik bercerita dan tak menyadari terkadang ceritanya sudah tidak menarik. Dia bicara terus dan tak memberi kesempatan orang lain bercerita.

Kecenderungan orang memang begitu, ingin didengar. Saat giliran harus mendengar dia tidak bisa menjadi pendengar yang baik dan sabar. Bahkan yang pernah saya temui, ada yang terang-terangan menolak dan menghindar, menunjukkan dengan jelas tidak tertarik untuk mendengar cerita orang.

Lebih banyak orang yang pandai bicara daripada yang pandai mendengar. Itu berarti rata-rata orang hanya ingin didengar, tapi tak mau menyimak atau mendengar cerita orang. Itu berdasar mayoritas pengalaman saya, terutama dalam kesempatan ngobrol santai, sehingga saya menyimpulkan bahwa orang lebih cenderung ingin didengar. Mungkin ini tidak cukup kuat sebagai landasan kesimpulan dan saya perlu melakukan survei jika ingin memperoleh data yang valid. Bagaimana dengan pengalaman anda?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post