Siti Romlah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tagur 40 'wisata kuliner di kota Tegal'

Tagur 40 'wisata kuliner di kota Tegal'

Perjalanan ke kota, untuk keluarga Mukiyo tidak menjadi rutinitas, hanya ada kebutuhan yang sangat di butuhkan, barulah mereka pergi bersama, karenanya moment kebersamaan pergi dan makan bersama sangat di nikmati sekali oleh keluarga untuk maksimal dimanfaatkan untuk bercengkrama.

Semilir angin sengaja di biarkan masuk ke dalam mobil mereka, mereka tak ingin menyia-nyiakan hawa oksigen bersih udara yang di hembuskan pepohonan yang di lalui setiap perjalanan mereka, mereka tidak menggunakan ac mobil mereka.

Restoran yang di tuju kini telah ada di ujung penggalah, Mukiyo beserta keluarga segera mencari tempat yang menurut mereka cocok dan terasa nyaman, karena saat tiba di sana suasana nya masih banyak bangku yang kosong, jadi mereka masih bisa memilih. Daftar menu segera mereka ambil.

Kota Tegal, begitu kaya wisata kuliner di daerah ini, dengan terkenal bahasa ngapaknya, kulinernyapun sangat terkenal, diantaranya ada 13 makanan khas dari daerah restoran itu:

1. sega ponggol, yang biasanya untuk sarapan nasi yang di bungkus dengan daun pisang, dengan tambahan lauknya tempe orek dan dadar telur

2. sega lengko, nasi putih yang dipadukan beberapa toping:mentimun, tempe, tahu. Taoge rebus yang semuanya diiris dan di taburkan ke atas nasi hangat, lalu di siram bumbu sambal kacang. Ini enak di makan saat sarapan ataupun makan siang.

3. sate Tegal, dibuat dari daging kambing muda balibu, atau batibul. Adalah nama sebutan kambing muda berumur tiga bulan dan lima bulan, sehingga dagingnya sangat empuk dan lezat.

4. soto taucho, makanan khas tegal Slawi, soto ini berbeda dengan soto –soto di daerah lain, karena khas bumbunya menggunakan taucho. Dilenggkapi dengan lontong, tauge, dan potongan daging ayam, sangat lezat sekali jika di makan hangat.

5. kupat Glabet, merupakan potongan kupat yang di beri bumbu sensasi rasa yang mirip rasa dengan bumbu rending.di tambah toping tempe, sayur kuning, sambal merah dan kerupuk mie. Jika ingin merasakan tambah nikmat dengan kesempurnaan rasa, biasanya di tambah dengan sate kerang, sate kikil atau sate ayam. Rasanya saat makan, bikin lupa dengan hutang.

6. Kupat Blengong, ini banyak terdapat di kawasan Brebes, berdekatan dengan daerah Tegal. Blengong merupakan daging hewan, perpaduan hasil perkawinan dari bebek dan entok, daging nya mirip dengan bebek tapi seratnya lebih lunak, kuahnya hamper sama dengan bumbu Glabet hanya di tambah dengan daging yang di bakar dengan tambahan bumbu yang khas.

7. Glotak, Sejenis makanan yang berasal dari tempe gembus, yang di masak dengan kaldu dan cabai, enak di santap dengan kerupuk pedas.

8. tahu aci, merupakan cemilan dari tahu yang dipotong segitiga, ditambahkan aci di atasnya yang sudah di beri bumbu, ini sangat enak dimakan menggunakan sambal kecap.

9. es lontrong, minuman legendaris kota Tegal. Merupakan es tradisional terdiri dari kacang hijau dan cincau yang di siram dengan gula merah, santan serta serutan es.

10. olos, sejenis makannan yang mirip cimol, hanya di isi dengan sayurankol dan irisan cabe, setelah di goring di bumbui denag aneka rasa bumbu bubuk yang banyak di sekitaran lingkungan kita.

11. rujak teplak, di buat dari aneka sayuran, seperti kangkung, daun lembayung, daun ubi jalar, daun papaya, daun papaya, daun sinking, jantung pisang, pare, timun yang di rebus. Bumbunya seperti bumbu pecel dan rujak, hanya perbedaannya terbuat dari singkong yang di rebus yang dihaluskan, topingnya biar tambah enak gunakan kerupuk mie.

12. blending, makanan khas tegal pula yang di buat dari jagung rebus yang di beri parutan kelapa.

13. gemblong ocar-acir, makanan kota Tegal yang unik, di buat dari ketan dengan paduan toping kelapa, yang sudah di parut dan di siram dengan gula aren, yang sudah dicairkan

Tanpa mendengar komando dari orang tuanya anak-anak Mukiyo langsung menulis menu yang ada pada restoran khas dari kota Tegal. Mereka menikmati kuliner khas daerah, yang bersebelahan dengan kampungnya, dengan penuh antusias.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya soto tauco saja bun .. he..he..

13 Mar
Balas

Sama pak

17 Mar

saya ibu he..he..

19 Mar

Ulasan yg keren bu...mantul

13 Mar
Balas



search

New Post