Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Adakah Keistimewaan Hari Rabu

Adakah Keistimewaan Hari Rabu

Adakah Keistimewaan Hari Rabu

Oleh: Siti Ropiah

Umumnya kita mengetahui hari yang memiliki kestimewaan itu adalah Hari Jum'at. Benarkah hanya Hari Jum'at yang memiliki keistimewaan? Begitu saja tanya memenuhi pikiran. Jawabannya tidak demikian. Hari Rabu pun memiliki keistimewaan. Namun seringkali tak banyak yang mengetahuinya.

Karenanya artikel ini hendak membahas keistimewaan Hari Rabu. Terdapat tiga keistimewaan Hari Rabu, di antaranya:

Pertama, doa dikabul. Sebagaimana terdapat dalam hadis Rasulullah SAW ان النبي صلى الله عليه وسلم دعا في مسجد الفتح ثلاثا يوم الاثنين، ويوم الثلاثاء، ويوم الأربعاء، فاستُجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين فعُرِفَ البِشْرُ في وجهه، قال جابر: فلم ينزل بي أمر مهمٌّ غليظ إِلاّ توخَّيْتُ تلك الساعة فأدعو فيها فأعرف الإجابة

“Nabi SAW berdoa tiga kali di Masjid Al Fath, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu.Ketika hari Rabu, doa beliau dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau."(HR. Ahmad. Maktabah Syamilah, Musnad Ahmad, juz.22, h.425, No.14562).

Kedua, Hari Rabu merupakan hari yang baik untuk memulai belajar. Sebagaimana diungkapkan oleh Syaikh Al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim berikut; مَا مِنْ شَيْءٍ بُدِئَ بِهِ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ إِلَّا وَقَدْ تَمَّ. Tiada pekerjaan yang dimulai pada hari Rabu kecuali pasti akan maksimal/sempurna.

Selain keistimewaan, pada Hari Rabu pun terdapat peristiwa luar biasa yang dapat diambil hikmahnya. Di antara peristiwa besar yang terjadi di Hari Rabu, sebagaimana dilansir dari https://seuramoeaceh.com, di antaranya: (1) Allah menghancurkan Raja Namrud dengan memasukkan serangga ke dalam telinganya, (2) Raja Fir'aun yang mengaku sebagai Tuhan ditenggelamkan di Sungai Nil, (3) Allah menenggelamkan Qarun bersama harta kekayaan dan keluarganya di dalam perut bumi, (4) Allah membinasakan Auj bin Unuq dengan burung Hudhud, (5) Allah menghancurkan kaum Nabi Saleh As, (6) Namrudz dibinasakan Allah dengan serangga nyamuk, dan (7) Allah membinasakan kaum Nabi Hud As dengan angin kencang

Sejatinya Hari Rabu Miliki Keistimewaan

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang luar biasa Bunda. Sangat inspiratif

17 Nov
Balas

Terima kasih ulasan yg mencerahkan,menambah iman Bu ustazah..mantap

17 Nov
Balas

Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu Bu DR

18 Nov
Balas



search

New Post