Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Amalan Bernilai Haji

Amalan Bernilai Haji

Amalan Bernilai Haji

Oleh: Siti Ropiah

Beramal baik merupakan suatu keniscayaan. Tersebab hal itu sebagai bekal di kehidupan abadi. Karenanya setiap orang berlomba-lomba dalam menggapainya. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al Baqarah: 148

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ

Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan.

Allah memberikan berbagai jalan dalam menggapai pahala kebaikan. Hal ini disebabkan rahman-Nya. Bahkan terdapat amalan yang berpeluang dapatkan banyak kebaikan atau besar pahalanya. Salah satunya berpahala haji.

Haji bagi umat Islam merupakan amalan yang diimpikan. Selain sebagai penyempurna rukun Islam, disebabkan pula karena pahala haji yang besar, membuat umat Islam memgingkan untuk dapat melaksanakan ibadah haji

Namun demikian, berkat rahman -Nya, Allah memberikan solusi bagi yang tak mampu melaksanakan ibadah haji dengan memberikan jalan seseorang melakukan amalan lain namun pahala seperti ibadah haji.

Di antara amalan yang besar pahalanya yang disamakan dengan pahala haji adalah:

Pertama, Umrah di Bulan Puasa

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari. Lihat Maktabah Syamilah, Sahih Al Bukhari, juz.3, h.3, No. 1782).

Kedua, berbuat baik pada ibu.

إِنِّي أَشْتَهِي الْجِهَادَ وَلا أَقْدِرُ عَلَيْهِ، قَالَ: هَلْ بَقِيَ مِنْ وَالِدَيْكَ أَحَدٌ ؟ قَالَ: أُمِّي، قَالَ: فَأَبْلِ اللَّهَ فِي بِرِّهَا، فَإِذَا فَعَلْتَ ذَلِكَ فَأَنْتَ حَاجٌّ، وَمُعْتَمِرٌ، وَمُجَاهِدٌ...

“Ada seseorang yang mendatangi Rasululah SAW dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah SAW bertanya padanya apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup. Ia jawab, ibunya masih hidup.

Rasul pun berkata padanya, “Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.” (HR. Ath-Thabrani. Lihat Maktabah Syamilah, Al Mu'jam Al Ausath, juz.4, h.372, No.4466. Lihat pula Musnad Abi Ya'la, juz.5, h.149, No. 2760).

Ketiga, shalat fardhu berjemaah atau shalat sunah di masjid

مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ مُتَطَهِّرًا إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوبَةٍ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ وَمَنْ خَرَجَ إِلَى تَسْبِيحِ الضُّحَى لاَ يُنْصِبُهُ إِلاَّ إِيَّاهُ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْمُعْتَمِرِ ...

“Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju salat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji. Barangsiapa keluar untuk salat Sunnah Duha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumrah.” (HR Abu Daud. Lihat Maktabah Syamilah, Sunan Abu Daud, juz.1, h.153, No.558).

Terdapat pula hadis lain yang semakna

مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ فِي الجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

“Siapa yang berjalan menuju salat wajib berjemaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju salat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.” (HR. Thabrani. Lihat Maktabah Syamilah Al-Mu’jam Al-Kabir, juz.8, h.127, No.7578).

Keempat, Shalat Duha setelah Shalat Subuh berjemaah

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjemaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumrah secara sempurna.” (HR. Thabrani. Lihat Maktabah Syamilah, Al Mu'jam Al Kabir, juz.8, h.154, No.7663).

Kelima, belajar di masjid

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُهُ

“Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR. Thabrani. Lihat Maktabah Syamilah, Al-Mu’jam Al-Kabir, juz.8, h.94, No.7473).

Keenam, baca Tahmid, tasbih dan takbir. Kisah ini terkait pe

أَلاَ أُحَدِّثُكُمْ بِأَمْرٍ إِنْ أَخَذْتُمْ بِهِ أَدْرَكْتُمْ مَنْ سَبَقَكُمْ وَلَمْ يُدْرِكْكُمْ أَحَدٌ بَعْدَكُمْ ، وَكُنْتُمْ خَيْرَ مَنْ أَنْتُمْ بَيْنَ ظَهْرَانَيْهِ ، إِلاَّ مَنْ عَمِلَ مِثْلَهُ تُسَبِّحُونَ وَتَحْمَدُونَ ، وَتُكَبِّرُونَ خَلْفَ كُلِّ صَلاَةٍ ثَلاَثًا وَثَلاَثِينَ »

Maukah kalian aku ajarkan suatu amalan yang dengan amalan tersebut kalian akan mengejar orang yang mendahului kalian dan dengannya dapat terdepan dari orang yang setelah kalian. Tidak ada seorang pun yang lebih utama daripada kalian, kecuali orang yang melakukan hal yang sama seperti yang kalian lakukan. Kalian bertasbih, bertahmid, dan bertakbir di setiap akhir shalat sebanyak tiga puluh tiga kali.” (HR. Bukhari. Lihat Maktabah Syamilah, Sahih Al Bukhari, juz.1, h.168, No.843).

Sejatinya Meraih Pahala Besar Merupakan Impian

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

01 Oct
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

01 Oct

Ulasan yang sangat Bermanfaat dan mencerahkan. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya

01 Oct
Balas

Amin, ya Rabb. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

01 Oct

Subhanallah, ternyata Islam itu punya solusi untuk semua hal

05 Oct
Balas

Subhanallah, Maha Suci Allah,,ulasan yang keren bu

01 Oct
Balas

Luar biasa ulasannya. Mks bun

01 Oct
Balas

MasyaAllah... ulasan yg dahsyaat

01 Oct
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu

01 Oct

Ulasan yang sangat mencerahkan dan informatif sehat selalu bunda Siti Ropiah

01 Oct
Balas



search

New Post