Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ini loh Dzikir Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Ini loh Dzikir Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Ini loh Dzikir Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Oleh: Siti Ropiah

Dalam ajaran Islam dzikir dan doa merupakan hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya dilakukan setelah shalat. Terkait perintah dzikir terdapat dalam QS Al-Ahzab: 41-42 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا , وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,”

Dzikir yang dapat dilakukan di antaranya: Pertama, Membaca kalimat tauhid, yaitu لا اله الا الله Kalimat ini didasarkan pada sebuah hadis. فَإِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ: لاَ إِلَهَ إِلَّا الله "Maka sesungguhnya Allah mengharamkan neraka atas orang yang mengucapkan la ila ha illah". (HR. Bukhari. Lihat Maktabah Syamilah, Sahih Al Bukhari, juz.1, h.92, No.425).

Kedua, membaca shalawat Nabi. Hal ini didasarkan pada sebuah hadis مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ “Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad. Lihat Maktabah Syamilah, Sunan Ahmad, juz.3, h.50, No.1297).

Ketiga, membaca istigfar yaituاستغفر الله العظيم . “مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ” “Siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka."(HR. Ahmad. Lihat Maktabah Syamilah, Musnad Ahmad, juz.4, h.104, No.2234).

Sedangkan rajanya istighfar adalah اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي، وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِالنِّعْمَةِ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ Hal ini didasarkan pada hadis عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " سَيِّدُ الِاسْتِغْفَارِ أَنْ يَقُولَ الْعَبْدُ: اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي، وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِالنِّعْمَةِ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ ". قَالَ: «إِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُصْبِحُ مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّة Nabi SAW bersabda, "rajanya istigfar adalah اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي، وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِالنِّعْمَةِ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ (HR. Ahmad. Lihat Maktabah Syamilah, Musnad Ahmad, juz.28, h.334, No.17111).

Keempat, membaca surat Al ikhlas, Al Falaq dan An- Nas. Sebagaimana sabda Nabi SAW يَا ابْنَ عَابِسٍ أَلَا أَدُلُّكَ أَوْ قَالَ أَلَا أُخْبِرُكَ بِأَفْضَلِ مَا يَتَعَوَّذُ بِهِ الْمُتَعَوِّذُونَ قَالَ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ هَاتَيْنِ السُّورَتَيْنِ "Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan –atau maukah kamu aku beritahu- sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?” Ibnu Abbas menjawab, “Iya wahai Rasulullah.” Beliapun bersabda: “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini.” (HR. An Nasa’i (HR. Nasa'i. Lihat Maktabah Syamilah, Sunan Nasa'i, juz.8, h.261, No.5432). Tentu dalam hal ini, alfatihah jangan ditinggalkan.

Kelima, membaca awal surat Al Baqarah, ayat suci dan dua ayat akhir Al Baqarah. Sebagaimana hadis Nabi SAW مَنْ قَرَأَ أَرْبَعَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، وَآيَةَ الْكُرْسِيِّ، وَآيَتَانِ بَعْدَ آيَةِ الْكُرْسِيِّ، وَثَلَاثًا مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، لَمْ يَقْرَبْهُ وَلَا أَهْلَهُ يَوْمَئِذٍ شَيْطَانٌ، وَلَا شَيْءٌ يَكْرَهُهُ، وَلَا يُقْرَأْنَ عَلَى مَجْنُونٍ إِلَّا أَفَاقَ “Siapa saja yang membaca empat ayat pertama surat al-Baqarah, kemudian ayat Kursi, kemudian dua ayat setelah ayat Kursi, kemudian tiga ayat terakhir surat al-Baqarah, maka dia dan keluarganya tidak akan didekati pada hari itu oleh setan. Tidak pula didekati oleh sesuatu yang tidak disukainya. Dan tidaklah dua ayat dibacakan pada orang tunagrahita kecuali akan sadar (atas izin Allah),” (HR. Ad-Darimi. Lihat Maktabah Syamilah, Sunan Ad Darimi, juz.4, h.2130, No.3426).

Keenam, membaca tasbih, hamdalah dan takbir. Sebagaimana terdapat dalam hadis أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ. "Ada empat ucapan yang paling dicintai Allah SWT: Subhanallah (Mahasuci Allah), Alhamdulillah (segala puji hanya milik Allah), Laa ilaaha illallah (tiada tuhan selain Allah), dan Allahu Akbar (Allah Maha Besar).Engkau memulai dari yang mana saja, tidak ada masalah."(HR.Muslim. lihat Maktabah Syamilah, Sahih Muslim, juz.3, h.1685, No.2137).

Sejatinya Dzikir Dilakukan Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

21 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

21 Nov

Ulasan yang sangat Bermanfaat dan mencerahkan. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya

21 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

22 Nov

Tauisyah yang cerah dan mencerahkan ... Bunda

21 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

22 Nov

Terima kasih atas pencerahannya ya ibu Vivi. Baarakallaahu fiik

21 Nov
Balas

Sama sama Pak. Barakallahu fiik

21 Nov

Terimakasih ilmunya, Bu. Barakallah, salam sukses selalu.

21 Nov
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

21 Nov

Ulasan yang keren dan mencerahkan bu

21 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

21 Nov

Mks ilmunya Bu DR,Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu bu DR

21 Nov
Balas

Sama sama Bund. Barakallahu fiik

21 Nov

Terima kasih tauziah dan pencerahanya semoga menjadi ladang ibadah dan rizki yang berkah

21 Nov
Balas

Amin ya rabbal alamin. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

21 Nov

sangat mencerahkan tausyiahnya di pagi ini. sehat dan sukses selalu bunda Siti Ropiah yang baik hati.

21 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

21 Nov



search

New Post