Siti Sanusi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
4.

4. "Google Maps" Punya "Your Contributions"

Sebagai Mommy zaman Now, rasanya sulit bagi saya melepaskan diri dari jerat telepon seluler. Kesukaan berselfie atau berwefie, kesenangan bermedia sosial, atau sekedar berselancar dan bercengkrama dengan mbah gugel (read: google).

Sebenarnya, kesukaan berselfie/berwefie dan bermedia sosial sudah lewat. Itu kegemaran saya di masa-masa awal mengenal gadget. Tapi, kesukaan mengambil gambar makanan di saat berkuliner atau travelling dan bertemu spot yang berbeda dan indah, rasanya sayang untuk dilewatkan.

Hanya saja, untuk diunggah ke media sosial kok rasanya malu sama anak. Meskipun mereka tidak berkomentar secara langsung, ya sadar diri saja. Mereka pasti gak mau mempunyai Ibu yang masih alay.

Akhirnya, (tanpa sengaja) saya berkenalan dengan "Google Maps". Di sana menemukan option "Your Contributions".

Dalam pilihan menu "Kontribusi Anda", kita bisa: memberikan informasi tempat-tempat yang ada di sekeliling kita, memberikan tinjauan tempat-tempat yang ada di sekeliling kita, membagikan photo tempat-tempat yang ada di sekeliling kita, dan memperbaiki (lokasi, alamat, nomor kontak, jam buka, dan lain-lain) tempat-tempat yang ada di sekeliling kita.

Keseruan aktif di Google Maps, menjadi jauh lebih menyenangkan ketimbang aktif di media sosial. Membagikan photo makanan di sebuah restoran (misalnya), tidak takut dibilang alay sama anak, tapi malah menjadi manfaat bagi orang lain. Karena dari gambar yang kita ambil tersebut, bisa mempermudah seseorang yang sedang mencari alamat restoran atau menentukan pilihan menu makanan yang akan dipesan.

Yang lebih seru lagi, dengan aktif di Your Contributions, menjadikan kita seorang guide lokal. Penyampai informasi mengenai tempat-tempat yang ada di sekitar kita. Dan untuk itu, Google Maps memberikan kita level. Semakin kita aktif membagikan banyak informasi, maka akan semakin naik level kita dan bertambah poinnya.

Your Contributions, terdiri dari 10 level. Pada saat kita pertama aktif, kita berada di level kesatu. Akan naik ke level 2, jika poin kita mencapai 15. Naik lagi ke level 3, jika poin kita mencapai 75. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dari screen shoot layar yang saya ambil dan saya lampirkan di akhir tulisan.

Adapun poin, bisa kita peroleh dari kiriman photo, pengeditan tempat, pemberikan tinjauan, dan masih banyak lagi. Dan untuk tata cara perolehan poin ini, saya lampirkan juga screen shootnya di akhir tulisan.

Eh, jangan diartikan aplikasi ini sebagai Multi Level Marketing ya. Ini sama sekali bukan wadahnya komersil. Bagi saya, ini hanyalah sebuah kesenangan tentang indahnya berbagi.

So, do you want to have fun like me?

Cianjur, 27 Januari 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah.. Sangat bermanfaat dan jadi inspirasi baru. Terimakasih dan salam literasi..

28 Jan
Balas

Sama-sama, Ibu. Salam kenal..

29 Jan



search

New Post