Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ekstrakurikuler di Masa Pandemi
Dokumen Google

Ekstrakurikuler di Masa Pandemi

#TantanganGurusiana (Hari ke 227)

Kegiatan ektrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014. Kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Selain itu juga bertujuan mengembangkan bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional. Menurut Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 fungsi dari ekstrakurikuler adalah sebagai wahana pengembangan minat dan bakat peserta didik, wahana memperluas pengalaman bersosialisasi, wahana persiapan karir, dan wahana rekreatif yang dalam suasana gembira sehingga menunjang proses pengembangan potensi peserta didik.

Menekuni kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang penting di samping aktivitas akademis. Namun demikian ketika pandemi Covid-19 melanda negeri ini, kegiatan akademis dan ekstrakurikuler tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Bagaimana caranya?

Berkenaan dengan masa pandemi Covid-19 yang masih meningkat, maka kesehatan lahir batin siswa, pembina, pelatih, guru, kepala sekolah, dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler. Untuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat menggunakan skenario yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sesuai dengan jenis keadaan zona daerah masing-masing. Untuk zona kuning, zona merah kegiatan belajar dan latihan di rumah. Sedangkan untuk zona hijau kegiatan belajar dan latihan berbentuk tatap muka dengan prosedur adaptasi kebiasaan baru.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, mengupayakan agar siswa tetap aktif dan kreatif dalam kegiatan ekstrakurikuler menjadi tantangan tersendiri. Kegiatan ekstrakurikuler saat ini memiliki peran ganda, tidak hanya sebagai wadah penyaluran bakat minat siswa saja, tapi juga sekaligus harus mampu menjadi pembiasaan kegiatan yang dilakukan di rumah. Keiatan itu bisa berupa tata busana, tata boga, dan mengenal elektro. Tata busana bertujuan bagaimana siswa di rumah minimal mengenal memasang kancing. Tata boga diharapkan siswa mengenal minimal membuat pisang goreng sebagai makanan ringan. Mengenal elektro diharapkan siswa mengenal mesin-mesin yang ada di rumah, misalnya mesin motor dan alat elektronika yang ada di rumah.

Kegiatan ekstrakurikuler pada saat pandemi bertujuan untuk memberikan kegiatan lain yang dapat dilakukan di rumah. Meskipun dengan kegiatan belajar dan latihan dari rumah, namun bukan berarti kegiatan ekstrakurikuler tidak dapat dilaksanakan oleh masing-masing peserta didik. Program pembelajaran dapat berisi materi latihan sesuai dengan masing-masing bidang ekstrakurikuler. Nilai–nilai yang ada pada pengembangan pendidikan karakter menjadi materi pokok dari setiap program ekstrakurikuler. Pelatih dengan melibatkan orang tua dapat melakukan evaluasi bahwa program yang dibuat dilaksanakan dengan baik oleh peserta didik.

Proses pelaksanaan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan di masa pandemi Covid-19 dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Bisa dengan cara video conference, grup chat, atau tatap muka untuk zona hijau. Untuk metode kepramukaan blok dapat dilaksanakan virtual dengan cara kemping di rumah. Sedangkan untuk metode kepramukaan aktualisasi, teknik kepramukaanya tergabung ke dalam mata pelajaran atau tekpram. Kegiatan yang dapat dilakukan di rumah dapat berupa kegiatan berbuat kebaikan di rumah seperti merapihkan tempat tidur sendiri, membantu mencuci piring, membantu ibu memasak, bercocok tanam yang sederhana, menyapu atau membersihkan rumah, dan memelihara hewan peliharaan yang bermanfaat ekonomis. Sedangkan yang dlakukan di rumah untuk materi teknik pramuka dapat berupa pencapaian SKU dengan metode daring dan pencapaian SKK dengan metode daring.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post